Miratus Sholihah Wisata Peduli Lingkungan

Tidak ada komentar 165 views

SURABAYA (suarakawan.com): Guna meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan, khususnya mengenai persampahan, 20 anggota Kelompok Pengajian Miratus Sholihah Masjid Roudhatul Jannah, Pepelegi, Waru, Sidoarjo mengadakan study wisata lingkungan ke Yayasan Bangun Pertiwi, Jl. Mulyosari Utara XI no 18 Surabaya yang dipimpin Ning Endah, Minggu (14/10/2018).
Ibu-Ibu kelompok pengajian tersebut di yayasan itu belajar bagaimana membersihkan got. Bagaimana got dibersihkan setiap hari. Kotorannya dimasukkan ke dalam glangsing. Selanjutnya glangsing yang berisi kotoran got tersebut diangkut petugas kebersihan. “Intinya, kami diajari bagaimana membuat got-got yang ada di depan rumah kita menjadi bersih, sehat dan indah,” kata Ulfa Mufidah salah seorang peserta.
“Lingkungan kita kotor karena akibat ulah kita sendiri. Kita tak peduli dengan kebersihan. Sampah tak dikelola de ngan benar. Karena itu mari kita belajar bagaimana mengelola kebersihan lingkungan kita,” kata Endah.
Endah yang mantan Ning Surabaya 1985 itu mengatakan, sampah yang kita buang tanpa dikelola dengan benar sama dengan perbuatan “dosa” yang tidak disadari. Semakin banyak kita membuang sampah seenaknya, maka semakin “berdosalah” kita.
Endah memberikan contoh bagaimana ibu-ibu membersihkan got dengan menggunakan serok yang berwarna warni, sehingga menambah semangat untuk bekerja.
Setelah itu, rombongan ibu-ibu tersebut dengan didampingi Ning Endah mengunjungi tempat pemilahan sampah di Super Depo Sutorejo. Di tempat ini ibu-ibu ditunjukkan bagaimana memilah milah sampah. Seperti sampah kering, sampah basah dan sampah yang mengandung racun. Setelah dipisah-pisah akhirnya hanya sekitar 10 persen yang masuk ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).
Selanjutnya rombongan ke Taman Internasional Harmoni, ke Ipal Tinja, ke Rumah Kompos, ke Pengepul Ikan, terakhir ke Kampung Wanita Peduli Sampah dan Sosial yang sering dikunjungi pesiar dari mancanegara.
Endah dalam pesannya kepada ibu-ibu tersebur, kemanapun kita pergi, jangan lupa membawa peralatan makan, kotak plastik serbaguna, serbet sapu tangan, botol air minum yang dijadikan satu dalan tas serbaguna. (gus)