Mengenang 40 Hari Ani Yudhoyono, Demokrat Jatim Lakukan Tahlilan dan Doa Bersama

SURABAYA (Suarakawan.com) – Mengenang 40 hari meninggalnya Ani Yudhoyono istri Presiden RI ke enam, Susilo Bambang Yudhoyono, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Jawa Timur (Jatim), menggelar tahlilan dan doa bersama untuk Ani Yudhoyono, Rabu (10/07) malam. Dalam acara yang digelar di kantor DPD Partai Demokrat Jatim diikuti ratusan kader partai dan masyarakat setempat. Dengan khusuk mereka membacakan tahlil dan yasin.

Sekretaris DPD Partai Demokrat Jatim, Renville Antonio setelah acara mengatakan, kegiatan ini merupakan inisiatif pengurus dan kader Partai di Jatim. Pengurus dan kader yang hadir dalam tahlilan ini tidak hanya dari Surabaya, tapi juga dari sejumlah daerah di Jatim. “Alhamdulillah tadi ada kader dan pengurus partai dari luar Surabaya. Ada yang dari Madura, Probolinggo, Banyuwangi hingga Pacitan. Semua bersama-sama mendoakan ibu Ani,” katanya.

Kata Renville, sejauh ini pihaknya belum mengetahui secara pasti apakah ada DPC (Dewan Pimpinan Cabang) Kota Kabupaten di sejumlah daerah di Jatim, yang menggelar kegiatan serupa. Namun, sejauh ini yang resmi mengadakan acara tahlilan hanya DPD Partai Demokrat Jatim.

“Sebelumnya kami sudah minta izin pada pusat (DPP Partai Demokrat) untuk menggelar tahlilan di Jatim. Karena di Cikeas juga ada tahlilan. Dan kami katakan kegiatan ini inisiatif kader Partai Demokrat Jatim,” pungkasnya.

Seperti diketahui Ani Yudhoyono tutup usia pada Sabtu (1/6/2019) siang saat dirawat di National University Hospital, Singapura. Ani Yudhoyono meninggal karena penyakit kanker darah yang diderita. Ani Yudhoyono pertama kali dirawat pada 2 Februari 2019. Selama menjalani pengobatan, Ani selalu didampingi oleh Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Anak dan menantunya juga silih berganti menjaga Ani.

Sebelum dinyatakan meninggal, Ani Yudhoyono sudah beberapa kali menjalani tindakan medis. Salah satunya transplantasi sumsum tulang belakang yang didonorkan oleh adiknya, yakni Pramono Edhie Wibowo. Namun, operasi tersebut tidak berpengaruh terhadap kesembuhan Ani Yudhoyono. Seperti diketahui, Ani Yudhyono istri Presiden RI ke enam ini, dinakamkan di makam pahlawan Kalibata. (aca)