SuaraKawan.com
Jatim Trenggalek

Mendadak Datangi Polsek Jajaran, Sipropam Polres Trenggalek Cek Surat-Surat Hingga Sikap Tampang

Polres Trenggalek – Disiplin merupakan salah satu karakter yang harus dimiliki oleh setiap anggota Polri di manapun bertugas. Disiplin haruslah menjadi nafas dan semangat dalam setiap menunaikan tugas dan kewajiban selaku pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat.

Mendasari hal tersebut, Seksi Profesi dan Pengaman (Sipropam) Polres Trenggalek yang merupakan unit kerja bidang internal ini kerap melakukan pemeriksaan maupun pengecekan terhadap personel kepolisian baik yang bersifat rutin maupun insidentil atau mendadak.

Guna mengoptimalkan hal tersebut, Sipropam Polres Trenggalek memilih pendekatan jemput bola dengan mendatangi Polsek jajaran untuk memastikan tingkat kedisplinan masing-masing anggota benar-benar terjaga dengan baik.

“Iya benar. Hari ini kami berkeliling melaksanakan inspeksi mendadak ke Polsek jajaran yakni Polsek Pogalan, Gandusari dan Durenan.” Ujar Kasipropam Iptu Sanusi, S.H. Senin, (23/8).

Perwira pertama yang cukup lama bertugas di bidang reserse ini mengatakan, dalam Sidak tersebut pihaknya melakukan pengecekan keberadaan personel dengan mengabsen satu persatu. Jika berhalangan hadir atau sedang bertugas, pihaknya memastikan bahwa anggota tersebut memang benar-benar bertugas dan dibekali dengan surat perintah tugas.

Selain itu, pihaknya juga memeriksa kelengkapan perorangan dan surat-surat identitas meliputi KTP, SIM, KTA, surat senpi hingga surat kendaraan. Bukan itu saja, sikap tampang anggota seperti penggunaan seragam polisi (Gampol), rambut, jambang, kumis sampai sepatu termasuk senpi dan ranmor dinas tak lepas dari pengawasannya.

“Sikap tampang adalah etalase sosok Polri, maka harus benar-benar diperhatikan dan mematuhi aturan yang ada. Kalau orang jawa bilang, ajining rogo soko busono.” Ungkapnya menirukan peribahasa jawa.

Lebih lanjut dalam kesempatan tersebut Iptu sanusi meminta agar seluruh anggota menjaga martabat dan kewibawaan organisasi dengan tidak melakukan pelanggaran sekecil apapun serta melaksanakan Tupoksi masing-masing sesuai dengan SOP yang ada.

“Alhamdulillah, dari pengecekan hari ini bisa dikatakan semua dalam keadaan lengkap dan tidak ditemukan pelanggaran. Ini harus dipertahankan bahkan terus ditingkatkan.” Pungkasnya.

Related posts

Polres Gresik : Operasi Yustisi Gabungan Sampaikan Pesan Disiplin Protokol Kesehatan

redaksi

Cegah Penyebaran PMK, Polresta Mojokerto Lakukan Pengecekan Kandang Ternak Sapi

Redaksi Mojokerto

Kiprah Atlit Pencak Silat Trenggalek dalam Turnamen Kapolda Jatim Cup,

Wong Nggalek