Mantapkan Kesiapan Anggota Pengamanan TPS Pemilu 2019, Wakapolrestabes Surabaya Pimpin Gelar Pasukan

Polrestabes Surabaya (13/04/2019) : Empat hari lagi menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 membuatkan Kepolisian kian memantapkan diri dalam mengawal jalannya proses Pemilu.

Sebagaimana yang dilakukan oleh Polresttabes Surabaya, untuk benar-benar mempersiapkan anggota yang ditugaskan, Wakapolrestabes Surabaya AKBP Leo Simarmata menggelar apel pasukan.

Apel pasukan ini, guna memastikan kesiapan anggota yang dibebani tugas dalam pengamanan ditiap-tiap TPS (Tempat Pemungutan Suara).

Wakapolrestabes Surabaya AKBP Leo Simarmata saat memimpin gelar apel pasukan pengamanan TPS.

Hari ini, gelar apel kesiapan pengamanan anggota yang menerima ploting di TPS digelar di halaman Polrestabes Surabaya. Dalam pengamanan pun, sebanyak 1130 personel dikerahkan.

“Kita mengecek perorangan, mulai dari buka saku, lalu yang berkaitan dengan perundangan-undangan, yang sudah kita bekali beberapa saat yang lalu,” ujar Leo Simarmata.

Leo mengungkapkan, tak hanya itu saja, Polrestabes Surabaya juga melakukan pemeriksaan terhadap peralatan sehari-hari yang dibawa saat menjalankan tugas.

Seperti peluit, tongkat, borgol, hingga jas hujan juga dipastikan siap. Hal ini dmaksudkan agar saat melaksanakan tugas, anggota tak hanya sudah siap dengan diri, namun juga perangkat yang dibutuhkan.

Wakapolrestabes Surabaya AKBP Leo Simarmata saat memberikan arahan kepada personel pengamanan TPS.

“kita juga memberikan pembekalan salah satunya mengenai Perkap (Peraturan Kapolri, red) nomor 10 tahun 2014, yakni berkaitan dengan pengguan kekuatan Kepolisian,” ungkapnya.

Anggota yang ditugaskan di TPS ini, juga ditekankan agar memahami tugas pokok dan fungsinya. Mengerti apa yang harus dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan.

Anggota harus mengetahui situasi yang ada dilingkungannya. Mulai dari KPPS, serta jajaran smaping semisal Babinsa, Linmas, Satpol PP dan semua rekan yang bertugas di TPS.

Lebih lanjut Leo menuturkan, terkait tingkat kerawanan, Polrestabes Surabaya mengklasifikan mulai dari lokasi kurang rawan hingga yang sangat rawan.

“Kami mencatat ada 5 lokasi dirasa sangat rawan, sehingga kita menggunakan 2 personel polisi, 4 TPS dan 8 Linmas,” pungkasnya.(asb)

Sumber : Polrestabes Surabaya