Magang di KPU Kota Surabaya, Mahasiswa UINSA Belajar Tahapan Pemilu 2019

Hupmas, SURABAYA – Sebanyak 6 (enam) mahasiswa program studi Ilmu Politik Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya, mulai Rabu (10/07/2019) menjalani program magang di KPU Kota Surabaya. Mereka magang di beberapa sub bagian  kantor, selama satu bulan ke depan.

Koordinator magang, Muntaqa menyatakan selain merupakan program dari kampusnya. Dia bersama rekan yang lain, tertarik magang di KPU Kota Surabaya selaras dengan jurusan kuliah yang ditempuh. Salah satunya terkait dengan tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019, yang menurutnya sangat bisa diketahui langsung melalui magang.

“Selama satu bulan mulai hari ini sampai dengan tanggal 9 Agustus 2019 mendatang, kami ditugaskan magang disini oleh pihak kampus. Tentu sangat menarik, karena sesuai dengan jurusan yang kami tempuh,” ujarnya.

Muntaqa menambahkan, alasan secara spesifik memilih KPU Kota Surabaya sebagai tempat magang di karenakan momen dalam Pemilu 2019. Di mana, saat ini telah memasuki tahapan PHPU legislative. Sekaligus juga akan persiapan KPU Surabaya menjelang Tahapan Pilwali Tahun 2020.

“Minimal bisa mengetahui lebih tentang situng (sistem informasi penghitungan suara), mulai dari proses awal sampai bisa diakses oleh masyarakat,” urainya.

Hal yang sama disampaikan oleh peserta magang Raden Azis. Dia menyebutkan, keinginannya untuk magang adalah untuk mengetahui perbandingan tingkat partisipasi masyarakat (parmas) antara Pemilu tahun 2019 dan Pemilu 2014, termasuk apa saja bentuk sosialisasi yang dilakukan oleh KPU Surabaya.

“Pemilu erat kaitannya dengan tingkat partisipasi masyarakat, saya ingin mengetahui sosialisasi yang dilakukan oleh KPU Surabaya, termasuk perbandingan tingkat partisipasi masyarakat,” terangnya.

Sementara itu, keenam mahasiswa UINSA Surabaya yang magang tersebut akan ditugaskan sesuai dengan keahlian masing-masing, oleh Sekretaris KPU Kota Surabaya Sunarno Aristono. (guh/esar/kom)

KPU Surabaya politik

Related Post