SuaraKawan.com
Trenggalek

Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar, Satlantas Trenggalek Berikan Materi Pembekalan

Polres Trenggalek – Jajaran Kepolisian turut ambil bagian dalam gelaran Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) Argoayu CXIV tahun 2022 yang digelar di SMK Assalam masuk Desa Sumbergayam Kecamatan Durenan, Kabupaten Trenggalek. Senin, (28/3).

Dalam kesempatan tersebut Kepolisian Resor Trenggalek mengirimkan xejumlah personel dari jajaran Satlantas yang bertindak sebagai narasumber dan memberikan pembekalan tentang pengaturan, tertib dan etika berlalu lintas.

Dikonfirmasi terpisah Kasatlantas Polres Trenggalek AKP Meita Anisa Saputra, S.I.K., M.H., M.Si. mengatakan, para peserta yang tak lain adalah para pembina Pramuka Gudep SD/MI Se-Korwil Durenan yang juga sebagai guru pengajar di sekolah sangat berperan penting dalam memberikan wawasan maupun pemahaman kepada peserta didik tentang tertib berlalu lintas sejak usia dini.

“Kami tidak bisa bekerja sendiri. Perlu kontribusi dari orang tua dilingkungan keluarga dan para guru dilingkungan sekolah. Disamping itu, edukasi tertib berlalu lintas bisa disampaikan disela-sela kegiatan kepramukaan.” Ujar AKP Meita

Sementara itu, Kanitgakkum Satlantas Polres Trenggalek Iptu Singgih Marsudi yang turut hadir sekaligus bertindak sebagai nara sumber menuturkan, sebagai guru sekaligus pembina Pramuka di sekolah memiliki peran untuk mencetak generasi penerus bangsa yang berdisiplin dan patuh terhadap aturan yang ada.

“Pembiasaan dan edukasi budaya tertib berlalu lintas perlu dilakukan sejak usia dini. Ini adalah salah satu tanggung jawab kita untuk mewujudkan generasi Indonesia yang unggul, cerdas dan mampu bersaingi di tingkat global.” Ujarnya

Sedangkan beberapa materi yang disampaikan antara lain, teknis pengaturan lalu lintas, undang-undang lalu lintas dan angkutan jalan, rambu-rambu lalu lintas, etika dan budaya tertib berlalu lintas serta metode pengelolaan Kamseltibcarlantas.

“Dengan KMD ini diharapkan dapat menghasilkan pembina pembina Pramuka yang handal dan tentunya menjadi agen-agen perubahan yang produktif khususnya dibidang kelalulintasan.” Pungkasnya.

Related posts

Wujud Kepedulian, Kapolres Trenggalek Anjangsana Purnawirawan Polri dan Anggota Sakit

Wong Nggalek

Satu Korban Meninggal Dunia Akibat Tanah Longsor, Wakapolres Trenggalek Minta Warga Tingkatkan Kewaspadaan

Wong Nggalek

Akhir Pekan, Polres Trenggalek Gelar Olahraga Bersama

Wong Nggalek