Kumpulkan Lurah dan Kepala Desa di Bali, Jokowi Dielu-elukan

Bali (Suarakawan.com) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumpulkan para lurah dan kepala desa di Kawasan Garuda Wisnu Kencana, Bali, Jumat (19/10/2018). Ajang Temu Karya Nasional Gelar Teknologi Tepat Guna ke-XX dan Pekan Inovasi Perkembangan Desa dan Kelurahan Tahun 2018 ini menjadi panggung elu-eluan bagi Jokowi.

“Jokowi! Jokowi! Jokowi!” teriak para lurah dan kepala desa menyambut kehadiran Sang Presiden.

Jokowi didampingi Iriana tiba di Kawasan GWK pukul 08.45 Wita bersama Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo serta Gubernur Bali Wayan Koster.

Temu Karya Nasional Gelar Teknologi Tepat Guna merupakan acara tahunan yang diselenggarakan Ditjen Bina Pemerintahan Desa (PMD) Kemendagri dan Kementerian Desa PDTT, untuk mencari pencipta kreasi dan inovasi di daerah dalam pengembangan teknologi.

Acara ini dihadiri oleh 7.000 peserta dari perangkat desa dan kelurahan, pemerintah kabupaten, pemerintah kota serta pemerintah provinsi se-Indonesia.

Pemanfaatan teknologi tepat guna diharapkan dapat mendorong masyarakat setempat untuk berkreasi sehingga produk daerah memiliki nilai dan daya saing tinggi.

Berdasarkan data Kementerian Desa PDTT, 82,77 persen dari 74.956 desa di seluruh Indonesia mengandalkan sektor pertanian dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, 1.900 desa di antaranya berpotensi sebagai desa wisata.

Usai membuka Temu Karya Nasional Gelar Teknologi Tepat Guna ke-XX, Presiden menyaksikan pameran inovasi desa dan kelurahan se-Indonesia. Pameran yang menampilkan produk-produk lokal berteknologi tepat guna tersebut berlangsung hingga Minggu (21/10) di Festival Park Kawasan GWK, Bali.(ara/ziz)

Tag: