KPU Targetkan Percetakan Surat Suara Tuntas Maret 2019

179 views

Jakarta (suarakawan.com) – Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Viryan Aziz mengatakan, proses percetakan surat suara pemilih tahun 2019 ditargetkan akan rampung awal Maret 2019.

“Selambat-lambatnya akan selesai pada awal bulan Maret 2019, dan setiap surat suara yang sudah selesai dicetak akan langsung dikirim ke daerah Kabupaten/Kota,” kata Viryan dalam keterangan tertulisnya.

Menurut Viryan, surat suara akan di periksa terlebih dahulu sesampainya di Kabupaten/Kota. Surat suara rusak tidak digunakan, sedangkan yang memiliki kualitas bagus akan dimasukkan ke dalam kotak suara, dan disampaikan ke KPPS tanggal 16 April mendatang.

Viryan menjelaskan, nantinya setelah dicetak, surat suara akan didistribusikan dulu ke daerah yang terjauh, seperti Papua.

Di Makassar untuk kedua kalinya, PT Adi Perkasa ditunjuk sebagai pemenang tender pencetakan surat suara pemilu presiden. Ada 78.917.235 yang mencakup sembilan provinsi yang dicetak percetakan ini.

“Saat ini, di Makassar, Surabaya dan Jakarta sedang dilangsungkan percetakan perdana kertas suara,” jelasnya.

Selain PT Adi Perkasa yang berbasis di Makassar, ada lima konsorsium lainnya yang ditunjuk KPU RI yang mencetak surat suara untuk pemilu 2019.

Tiga di antaranya adalah PT Aksara Grafika Pratama, PT Balai Pustaka, dan PT Gramedia yang berada di DKI Jakarta.

Sementara dua konsorsium lainnya PT Puri Panca Pujibangun dan PT Temprina Media Grafika yang berbasis di Surabaya, Jawa Timur.

PT Gramedia menjadi konsorsium dengan persentase tertinggi mencetak surat suara sebanyak 31,07 persen atau 292.019.984 lembar.

“Proses pengadaan surat suara ini melalui e-katalog. Jadi lelang terbuka. Ada 34 paket dan kemudian setiap pihak bisa berpartisipasi. Yang diambil pemenangnya berdasarkan harga terendah yang disampaikan,” tambahnya. (ipc/gus)

KPU Pilpres 2019 surat suara

Posting Terkait