SuaraKawan.com
Politik

KPU Surabaya Sosialisasikan Pemungutan, Penghitungan, dan Penggunaan Sirekap

Hupmas, SURABAYA – Kamis Pagi (12/11/2020) Guna mensosialisasikan pemungutan, penghitungan dan penggunaan Sirekap, KPU Kota Surabaya menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pelaksanaan Pemungutan, Penghitungan, dan Penggunaan Sirekap kepada Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

Kegiatan yang digelar di Graha Swara lantai 3 Kantor KPU Kota Surabaya jalan Adityawarman nomor 87 merupakan gelombang pertama Bimtek. Diikuti oleh perwakilan 10 PPK di Surabaya, Yakni Asemrowo, Benowo, Bubutan, Bulak, Dukuh Pakis, Gayungan, Genteng, Gubeng, Gunung Anyar, dan Jambangan. Selain itu turut mengundang Bawaslu Kota Surabaya.

Acara dibuka oleh Komisioner KPU Kota Surabaya Divisi Perencanaan, Data, dan Informasi Naafilah Astri Swarist . Dalam sambutannya, Naafilah mengatakan, dalam Bimtek kali ini, PPK diberikan bekal tentang penggunaan form-form baru yang akan dipakai dalam proses pemungutan, penghitungan, dan penggunaan Sirekap.

“Penggunaan form-form baru ini nanti akan secara teknis dijelaskan oleh pak Nano, teman-teman PPK yang sebelumnya sudah menjadi penyelenggara, ada banyak perubahan formulir yang nanti perlu diketahui bersama,” jelas Naafilah.

Usai sambutan, dilanjutkan dengan pre tes pemungutan, dan penghitungan suara. Kemudian dilanjukan dengan pemaparan materi dari Komisioner KPU Kota Surabaya Divisi Teknis Penyelenggaraan Soeprayitno.

Soeprayitno menyampaikan, dari hasil Bimtek kali ini, diharapkan PPK telah memahami proses pemungutan, penghitungan dan penggunaan Sirekap, karena selanjutnya PPK berkewajiban untuk mensosialisasikan kepada PPS hingga nanti kepada KPPS.

Tanggal 26 hingga 28 November Sirekap juga akan dibuka. Ini harapannya akan langsung diikuti oleh teman-teman KPPS dalam rangka simulasi. Selain itu antara tanggal 1-5 Desember, teman-teman KPPS juga akan dilibatkan langsung untuk kembali mengikuti uji coba penggunaan Sirekap,” jelasnya. (trisna/hupmas)

Sumber : KPU Surabaya

Related posts

NANIK: MESKI PANDEMI, ASN TETAP HARUS TEGAKKAN DISIPLIN

redaksi

KPU Jatim Adakan Rakor Laporan Pertanggungjawaban Keuangan Tahun 2020

redaksi

PPID KPU Surabaya Layani Permohonan Informasi Hasil Perolehan Suara Pemilu 2019

redaksi