KPU Surabaya Raih Penghargaan Kualifikasi Terbaik “A” PPID AWARD 2018

Hupmas, SURABAYA – Selasa malam (11/12/2018), Komisi Informasi Provinsi (KIP) Jawa Timur menggelar malam penganugerahan penghargaan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Award 2018.

Acara yang disiarkan tapping oleh salah satu televisi lokal ini berlangsung di RM Agis Surabaya, Jl. Raya Wisma Pagesangan No. 197 Jambangan, Surabaya dan dihadiri oleh Pejabat Kepala Daerah Kabupaten/Kota, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), KPU, dan badan publik lainnya dilingkungan Provinsi Jawa Timur.

Hadir mewakili KPU Surabaya adalah Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Partisipasi Masyarakat dan SDM, Muhammad Kholid Asyadulloh beserta Kepala Sub Bagian Teknis Pemilu dan Hubungan Partisipasi Masyarakat, Endang Sri Arti Rahayu.

Sebagai agenda rutin tahunan, PPID Award 2018 ini telah masuk tahun Ke-7 dan merupakan ajang penganugerahan penghargaan bagi PPID Terbaik dalam melaksanakan Undang-undang Keterbukaan Informasi Publik.

Ketua KIP Jawa Timur, Ketty Tri Setyorini, menyampaikan apresiasinya kepada kabupaten/kota, OPD, dan badan publik lainnya yang telah mengimplementasikan keterbukaan informasi publik.

“Dengan terbuka bisa menunjukkan apa yang kita jalankan sudah sesuai prosedur,” jelas Ketty.

Dalam ajang malam penganugerahan ini terdapat sejumlah penghargaan yang diberikan yaitu Kategori Transparansi Anggaran, Meja layanan Terbaik, Website Terbaik dengan Kualifikasi Keterbukaan “A” (Sangat Terbuka), dan “B” (Terbuka). Kualifikasi “A”  mendapatkan nilai antara 86 – 100. Sedangkan kualifikasi “B” range nilainya antara 70 – 85.

KPU sebagai penyelenggara pemilu diberikan penghargaan dari kategori Website Terbaik dengan kualifikasi “A” diraih oleh KPU Kota Surabaya, KPU Kota Madiun, KPU Kota Blitar, KPU Kabupaten Bojonegoro, dan KPU Kabupaten Magetan. Sedangkan kualifikasi “B” diberikan kepada KPU Kabupaten Ponorogo, KPU Kabupaten Malang, KPU Kabupaten Sidoarjo, KPU Kabupaten Pacitan, KPU Kabupaten Nganjuk, dan KPU Kabupaten Gresik. (esar)