SuaraKawan.com
Politik

KPU RI DAN BAWASLU RI APRESIASI SINERGITAS PENYELENGGARA PEMILIHAN DI JAWA TIMUR

Ketua KPU RI, Ilham Saputra

 

Surabaya, kpujatim.go.id- Ketua KPU RI, Ilham Saputra dan Ketua Bawaslu RI, Abhan memberikan apresiasi atas sinergitas yang dilakukan penyelenggara pemilihan di Jawa Timur. Demikian disampaikan saat memberikan arahan dan tausiyah pada acara Peringatan Nuzulul Qur’an dan Khotmil Qur’an kemarin (Kamis, 6/5).

Ketua KPU RI, Ilham Saputra menuturkan kegiatan KPU dan Bawaslu di Jawa Timur ini merupakan suatu kolaborasi yang sangat positif dalam menyiarkan Islam di bulan Ramadhan.

“Allah menjanjikan akan melipatgandakan ibadah manusia di bulan Ramadhan, salah satunya dengan membaca Al Qur’an. Bulan Ramadhan ini merupakan bulannya Al Qur’an. Nilai-nilai Al Qur’an harus Kita terapkan sebagai penyelenggara pemilu. Semakin baik Kita mengamalkan nilai-nilai yang ada dalam Al Qur’an, kerja Kita akan semakin baik. Karena kedekatan Kita dengan Al Qur’an kareem,” papar Ilham.

Ilham melanjutkan, “Saya sangat mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi KPU dan Bawaslu di Jawa Timur ini. Semoga apa yang Kita laksanakan berkembang dan menjadi modal amal Kita”.

Ketua Bawaslu RI, Abhan

Berikutnya, Ketua Bawaslu RI, Abhan mempertegas yang telah disampaikan Ketua KPU RI. “Kami mengapresiasi dan menyampaikan terimakasih kepada seluruh penyelenggara di Jawa Timur, tentu ini bentuk koordinasi dan sinergi yang sangat bagus. Mudah-mmudahan terus terbangun dan bermanfaat untuk penyelenggaraan pemilihan dan pemilu 2024,” tegas Abhan.

Abhan selanjutnya memberi arahan bahwa ketika memperingati Nuzulul Qur’an, maka harus ada nilai-nilai dan pesan moral yang bisa dipetik.

“Setidaknya ada tiga hal yang bisa dipetik dari peringatan Nuzulul Qur’an di bulan Ramadhan ini, yakni kejujuran, disiplin waktu dan kesabaran,” tutur Ketua Bawaslu RI.

Menurut Ketua Bawaslu RI ini, bagi seorang penyelenggara, kejujuran penting dalam konteks menegakkan pelanggaran dalam penyelenggaraan pemilihan, yang biasa disebut dengan integritas.

“Kedua, disiplin waktu. Sedikit saja Kita tidak disiplin dan melampaui waktu yang telah ditentukan, maka akan mempengaruhi tahapan lainnya,” katanya.

Lalu ketiga, yakni kesabaran. Penyelenggara pemilu harus sabar dalam situasi dan kondisi apapun sepanjang sesuai aturan. Sama saat bulan Ramadhan, walaupun sudah ada makanan dan minuman tersedia di depan mata, sebagaimana disampaikan Ketua Bawaslu RI, harus bersabar sampai waktu berbuka puasa untuk menyantapnya.

“Terakhir semoga sinergi ini terus terbangun untuk menyambut pemilihan dan pemilu 2024. Izinkan Saya mengucapkan selamat melaksanakan ibadah puasa dan merayakan hari raya Idul Fitri. Mohon maaf lahir dan batin,” pungkasnya.

(AACS)

Sumber : KPU Jatim

Related posts

PPID KPU Surabaya Layani Permohonan Informasi Regulasi Prokes Covid-19 Pemilihan Tahun 2020

redaksi

Pentingnya Mendukung Program Vaksinasi Covid-19

redaksi

KPU Surabaya Gelar Sosialisasi Tatap Muka Di Sekolah

redaksi