SuaraKawan.com
Politik

KPU Provinsi Jatim Gelar Rekapitulasi Daftar Pemilih Berkelanjutan Bulan Juni Bersama KPU Kabupaten/Kota dan Stakeholder

Hupmas, SURABAYA – Menindaklanjuti Surat Ketua KPU RI Nomor 366/PL.02-SD/01/KPU/IV/2021 tanggal 21 April 2021 perihal Perubahan Surat Ketua KPU RI Nomor 132/PL.02-SD/01/KPU/II/2021 perihal Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan (DPB) Tahun 2021, Jumat (09/07/2021), KPU Provinsi Jawa Timur menggelar Rapat Rekapitulasi Daftar Pemilih Berkelanjutan Semester 1 Tahun 2021.

Ketua KPU Provinsi Jawa Timur, Choirul Anam membuka acara yang dilakukan secara daring (dalam jaringan) ini. Peserta rapat diikuti oleh Ketua dan Anggota KPU Kabupaten/Kota se-Jawa Timur yang membidangi Divisi Perencanaan, Data, dan Informasi.

Turut hadir mewakili KPU Surabaya, Ketua KPU Surabaya, Nur Syamsi bersama Anggota KPU Surabaya Divisi Perencanaan, Data dan Informasi, Naafilah Astri Swarist.

Choirul Anam dalam sambutannya menyampaikan bahwa Rekapitulasi Daftar Pemilih Berkelanjutan tersebut merupakan bagian tugas dari Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

“Data Pemilih Berkelanjutan merupakan tugas dari Undang-undang nomor 7 Tahun 2017 yang harus dilaksanakan. Terlebih data pemilih merupakan bagian penting dalam Pemilu dan Pemilihan sehingga harus dilaksanakan dengan baik dan teliti,” jelas Choirul Anam.

Sementara itu, Anggota Komisioner KPU Provinsi Jawa Timur yang membidangi Divisi Data dan Informasi, Nurul Amalia menyampaikan bahwa dalam melaksanakan pemutakhiran diperlukan kerjasama antar KPU dan stakeholder untuk menghasilkan Data Pemilih Berkelanjutan yang update.

“Dalam pelaksanaan DPB, KPU bekerjasama dengan instansi, partai politik, dan juga stakeholder dalam mendapatkan data terupdate. Ini sangat penting untuk memastikan masyarakat yang memiliki hak pilih ini tidak ada yang terlewat, mengingat sangat pentingnya data pemilih tersebut,” ungkap Nurul.

Hasil Rekapitulasi DPB Bulan Juni Tingkat KPU Provinsi sejumlah 30.810.858 Pemilih dengan rincian laki-laki 15.167.912 Pemilih dan Perempuan 15.642.946 Pemilih.

Selain diikuti oleh KPU Kabupaten/Kota, Rekapitulasi Daftar Pemilih Berkelanjutan juga dihadiri oleh stakeholder tingkat Provinsi baik instansi maupun partai politik.

(guh/esar/hupmas)

Sumber : KPU Surabaya

Related posts

Antisipasi Potensi Sengketa, KPU Surabaya Lakukan Rakor Bersama PPK

redaksi

Masa Magang Dua Mahasiswa UINSA Selesai, KPU Surabaya Ucapkan Terima Kasih

redaksi

Bahas Tema Pencalonan Peserta Pemilu, KPU Surabaya Ikuti Kegiatan Kelas Teknis Ketiga Menyongsong Pemilu 2024

redaksi