SuaraKawan.com
Politik

KPU JATIM SAMPAIKAN HASIL PEMERIKSAAN PAW ANGGOTA DPRD JATIM DARI PKB

Ketua KPU Provinsi Jawa Timur, Choirul Anam

 

Surabaya, kpujatim.go.id- Hasil pemeriksaan Penggantian Antar Waktu (PAW) Anggota DPRD Provinsi Jawa Timur (DPRD Jatim) Dapil 8 dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) telah disampaikan Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Timur (KPU Jatim) kepada Ketua DPRD Jatim. Demikian ungkap Ketua KPU Jatim, Choirul Anam saat dimintai keterangan.

Penyampaian hasil pemeriksaan pemenuhan persyaratan Calon Pengganti Antarwaktu Anggota DPRD Jatim Dapil 8 dari PKB yang telah meninggal dunia ini menurut Anam dilakukan kemarin, Selasa, tanggal 27 April 2021, yakni satu hari setelah surat Ketua DPRD Jatim diterima oleh KPU Jatim.

“Kami pada tanggal 26 April 2021 menerima surat Ketua DPRD Jatim Nomor 160/1432050/2021 perihal Penggantian Antarwaktu Anggota DPRD Jatim a.n. Sdr. H. Chusainuddin, S.Sos dari Dapil 8, karena yang bersangkutan telah meninggal dunia. Selanjutnya surat tersebut Kami tindaklanjuti dengan melakukan proses verifikasi dokumen pendukung calon anggota DPRD Provinsi Jawa Timur pengganti antarwaktu, serta melakukan verifikasi hasil perolehan suara sah dengan meneliti dan memeriksa perolehan suara sah dan peringkat suara sah calon terbanyak berikutnya berdasarkan hasil Pemilihan Umum Tahun 2019,” papar Ketua KPU Jatim (28/4/2021).

Lebih lanjut, berdasarkan verifikasi, pemeriksaan dan penelitian yang dilakukan KPU Jatim diperoleh kesimpulan bahwa seluruh dokumen pendukung Calon Pengganti Antarwaktu Anggota DPRD Jatim Dapil 8 dari PKB peringkat kedua yang memperoleh suara sah terbanyak berikutnya dinyatakan memenuhi syarat.

“Nama Calon Pengganti Antarwaktu yang telah dinyatakan memenuhi syarat ini, yang Kami sampaikan pada Ketua DPRD Provinsi Jawa Timur,” tutupnya.

Perlu diketahui pula, sesuai pasal 37 Peraturan KPU Nomor 5 Tahun 2019 tentang Penetapan Pasangan Calon Terpilih, Penetapan Perolehan Kursi, dan Penetapan Calon Terpilih dalam Pemilu, seorang calon terpilih Anggota DPRD Provinsi dapat diusulkan untuk dilantik bila telah menyerahkan bukti tanda terima pelaporan harta kekayaan.

(AACS)

Sumber : KPU Jatim

Related posts

KPU Surabaya Sinergi Dengan Media Di Tahapan Penetapan Pasangan Calon

redaksi

SELAMAT HARI KESAKTIAN PANCASILA 1 OKTOBER 2021

redaksi

Rakor Pimpinan Media Bahas Persiapan Jelang Masa Tenang Dan Pemungutan Suara

redaksi