SuaraKawan.com
Politik

KPU JATIM EVALUASI DAFTAR PEMILIH BERKELANJUTAN BULAN APRIL

 

Surabaya, kpujatim.go.id- Usai telah ditetapkannya Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) bulan April 2021, Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Timur (KPU Jatim) melakukan evaluasi. Rapat Evaluasi DPB bulan April Tahun 2021 secara virtual ini dilakukan selama dua hari, Senin-Selasa (24-25/5), dari pukul 09.00-15.30 WIB.

Peserta terdiri dari Divisi Perencanaan; Data dan Informasi, Subkoordinator Program dan Data, serta operator Sidalih dari 38 KPU Kabupaten/ Kota di Jawa Timur.

Sedangkan dari KPU Jatim hadir Divisi Data dan Informasi, Nurul Amalia, Koordinator Program; Data; Organisasi dan SDM, Suharto, Subkoordinator Program dan Data, Nurita Paramita, serta staf subbagian Program dan Data.

Divisi Data dan Informasi KPU Jatim, Nurul Amalia dalam arahannya menyampaikan bahwa rapat evaluasi ini penting dilakukan. “Hal ini demikian karena perkembangan dari perubahan data DPB yang dilakukan kabupaten/ kota masih belum sama atau berbeda jauh. Sudah ada kabupaten/ kota yang bekerja dengan bagus, namun masih ada yang minim perkembangannya,” ujar Nurul (25/5/2021).

Nurul melanjutkan, “Untuk itu tujuan diadakannya rapat evaluasi ini agar perkembangan perubahan data DPB bisa sama, dan tidak terlalu berbeda jauh. Kawan-kawan di kabupaten/ kota jangan hanya mengandalkan data satu-satunya dari Dukcapil, Kita dituntut untuk berkreasi dan berinovasi dalam mengupdate data pemilih dengan baik dan benar. KPU diharapkan dapat berkoordinasi dengan instansi terkait seperti Dinas Pendidikan, Dinsos, Kemenag, TNI/Polri untuk memutakhirkan data pemilih”.

Mantan Komisioner KPU Kota Surabaya ini juga menjelaskan bahwa KPU Provinsi juga membantu kabupaten/ kota dengan melakukan koordinasi dengan instansi terkait di tingkatan provinsi. “Semoga itu dapat membantu koordinasi teman-teman di tingkat kabupaten/ kota,” katanya.

Terakhir Nurul berharap KPU Kabupaten/Kota dapat bekerja secara maksimal dalam mengolah data pemilih, karena data tersebut akan dipublikasikan ke masyarakat luas. Selain itu kehati-hatian juga dibutuhkan mengingat data yang dipublikasikan menyangkut data pribadi.

(AACS/IF)

Sumber : KPU Jatim

Related posts

Tahapan Pengumuman dan Tanggapan Masyarakat Terhadap Daftar Pemilih Sementara Tinggal Lima Hari Lagi

redaksi

KPU JATIM PERSIAPKAN PENETAPAN KPPS & PETUGAS KETERTIBAN TPS

redaksi

KPU Surabaya Terima Kunjungan Forum Silaturahmi Arek-arek Suroboyo

redaksi