KPK OTT Anggota DPR

Tidak ada komentar 370 views

JAKARTA (suarakawan.com) – Tim Satgas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkap sekitar sembilan orang dalam operasi tangkap tangan (OTT) di Jakarta pada Jumat (4/5) malam. Dari sejumlah pihak, terdapat seorang anggota Komisi XI DPR yang turut dibekuk dalam OTT kali ini.

“PN (Penyelenggara Negara) yang diamankan satu orang dari Komisi XI DPR-RI,” kata Jubir KPK, Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Sabtu (5/5).

Diduga anggota DPR tersebut menerima suap terkait dengan usulan anggaran dari daerah di Provinsi Jawa Barat, untuk dimasukkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) 2018. Dalam OTT ini, tim Satgas KPK telah menyita ratusan juta rupiah yang diduga suap dari pihak swasta kepada legislator tersebut.

“Kami mendalami dugaan pemberian pada penyelenggara negara terkait dengan usulan anggaran dari daerah untuk masuk APBN-P 2018. Uang diduga berasal dari pihak swasta rekanan di daerah,” katanya.

Para pihak yang ditangkap termasuk anggota DPR saat ini masih diperiksa intensif oleh tim penyidik di Gedung KPK Jakarta. Lembaga antikorupsi memiliki waktu 1×24 jam untuk menentukan status hukum mereka. KPK berencana menggelar konferensi pers pada Sabtu sore ini untuk membeberkan OTT tersebut.

“Sore atau malam ini akan disampaikan hasil dari kegiatan (OTT) tersebut melalui konferensi pers di KPK,” katanya.(bs/rur)

Tag: