Kopi Darat Dengan Netizen Di Digital Innovation Lounge (Dilo) Surabaya

Hupmas, SURABAYA – Kamis malam (28/02/2019), relawan demokrasi (relasi) basis netizen mengadakan sosialisasi Pemilu Serentak 2019 kepada warganet Surabaya di Digital Innovation Lounge (DILo) Surabaya, Komplek AJBS, Jalan Ratna No. 14 Blok C2, Surabaya.

Muh. Kholid Asyadulloh, Divisi Sosdiklih, SDM, dan Parmas KPU Surabaya menjadi pemateri dalam acara yang diikuti kurang lebih 50 (lima puluh) peserta itu. Dalam pemaparannya, Kholid menjelaskan secara rinci tentang pentingnya sosialisasi pemilu seperti yang diadakan oleh basis netizen. Mulai dari jumlah surat suara, pindah memilih hingga cara yang dapat ditempuh oleh warga yang belum terdaftar sebagai Daftar Pemilih Tetap (DPT).

“Pemilu kali lebih rumit dari pemilu-pemilu sebelumnya. Jika pada pemilu sebelumnya pelaksanaan pemilu legislatif dan pemilihan presiden dilaksanakan secara terpisah maka pada pemilu tahun ini dilaksanakan secara serentak bahkan bukan hanya dua surat suara tapi lima sekaligus yaitu mulai dari Pilpres, DPR, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota,” terang pria yang biasa dipanggil Mas Kholid ini.

Sementara itu, salah seorang warganet peserta sosialisasi, Samsul Hadi, sangat mengapresiasi sosialisasi pemilu yang diadakan oleh basis netizen. Selain itu, dia juga memberi masukan kepada KPU Surabaya agar sosialisasi bisa lebih optimal.

“Acara ini sangat bagus karena memberi pendidikan pemilu yang sangat bermanfaat bagi masyarakat. Namun saya juga usul agar kegiatan ini tidak berhenti sampai disini saja karena di daerah saya masih sangat minim sosialisasi pemilu atau bahkan boleh dibilang tidak ada. Yang ada malah kampanye dari para caleg (calon legislatif), bukan dari kelembagaan seperti KPU dan relasi,” usul Samsul.

Diakhir acara, relasi netizen selaku panitia juga mengadakan kuis kepada peserta sosialisasi dengan pertanyaan seputar Pemilu Serentak 2019. Selain itu, panitia juga mengundang secara khusus 2 (dua) orang pemenang kuis yang berisikan ajakan untuk memilih atau tidak golput minimal 3 (tiga) Orang teman yang di-tag di akun medsos (media social) relasi yang diadakan melalui akun instagram relasi KPU Surabaya @relasisurabaya. (fudo/guh/esar)

KPU Surabaya politik

Related Post