SuaraKawan.com
Politik

KOORDINASIKAN PERSIAPAN PENETAPAN PASLON TERPILIH, KPU JATIM RAKOR BERSAMA

 

Surabaya, kpujatim.go.id- Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Timur (KPU Jatim) melaksanakan Rakor Persiapan Penetapan Calon Terpilih Pemilihan Serentak Tahun 2020 bersama dengan 16 Kabupaten/ Kota hari ini (Rabu, 20/1). Rakor dilaksanakan di aula lantai II kantor KPU Jatim, jalan Raya Tenggilis Nomor 1-3 Surabaya. Dimulai dari jam 10 pagi hingga selesai.

Koordinator Bagian HTH KPU Jatim, Yulyani Dewi

Peserta rakor terdiri dari Ketua, Divisi Teknis Penyelenggaraan, Divisi Hukum dan Pengawasan, serta sub koordinator bidang Teknis dan Hupmas dari 16 KPU Kabupaten/ Kota Pneyelenggara Pemilihan Serentak 2020 yang tidak ada permohonan perselisihan hasil pemilihan ke MK.

Ketua Kegiatan, sekaligus Koordinator Bagian Hukum; Teknis dan Hupmas (HTH) KPU Jatim, Yulyani Dewi dalam laporannya menyampaikan bahwa latar belakang diadakan kegiatan ini yakni adanya Peraturan KPU Nomor 15 Tahun 2019 sebagaimana terakhir diubah dengan Peraturan KPU Nomor 5 Tahun 2020 mengenai Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tahun 2020. Serta Peraturan KPU Nomor 9 Tahun 2018 sebagaimana terakhir diubah dengan Peraturan KPU Nomor 19 Tahun 2020 tentang Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara dan Penetapan Hasil Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota.

“Yang mana jadwal Penetapan Paslon terpilih tanpa permohonan perselisihan hasil pemilihan 5 hari setelah MK secara resmi memberitahukan permohonan yang teregistrasi dalam Buku registrasi Perkara Konstitusi (BRPK) pada KPU,” jelas Dewi (20/1/2021).

Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Jatim, Insan Qoriawan

Lebih lanjut, Divisi teknis Penyelenggaraan KPU Jatim, Insan Qoriawan menambahkan yang telah disampaikan Dewi. “Dengan demikian sebagaimana latar belakang yang telah disampaikan Bu Dewi, maka penting bagi Kita mengadakan rakor ini. Karena untuk mengetahui sejauhmana persiapan yang telah dilakukan KPU Kabupaten/ Kota dalam persiapan penetapan Paslon Terpilih ini. Serta melakukan koordinasi terkait segala hal yang dibutuhkan untuk Penetapan Paslon Terpilih,” tutur Insan.

Sesi Diskusi dan Tanya Jawab

Terakhir Insan berharap di akhir tahapan Pemilihan Serentak Tahun 2020, dapat berjalan dengan lancar, tanpa ada masalah apapun.

(AACS)

Sumber : KPU Jatim

Related posts

KPU Surabaya Hadiri Simulasi Nasional Pemungutan dan Penghitungan Suara Serta Penggunaan SIREKAP Di Tingkat TPS

redaksi

KPU Surabaya Rapat Finalisasi Laporan Pilwali Surabaya

redaksi

KELAS TEKNIS MENYONGSONG 2024 EDISI PERDANA BAHAS PENGUSULAN DAPIL & ALOKASI KURSI

redaksi