Komitmen Lintas Sektor Dalam Pengelolaan Kampung KB

Tidak ada komentar 251 views

Surabaya, SuaraKawan.com- Guna mensukseskan pengelolaan Kampung KB di Jatim, Selasa (27/11) Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional BKKBN Provinsi Jatim mengadakan Rapat Kordinasi Mitra Lintas Sektor Pengelola Kampung KB Provinsi Jatim di Bappeda Provinsi Jatim. Rapat kordinasi yang dihadiri lintas sektor dan Pokja Kampung KB, diharapkan dapat meningkatkan pengeloaan Kampung KB di Jatim.
Kepala Perwakilan BKKBN Jatim Yenrizal Makmur SP MM menyatakan, sampai saat ini jumlah Kampung KB di Jatim sebanyak 1416 Kampung KB. Menurutnya, jika dilihat dari segi kuantitas keberadaan Kampung KB sudah banyak dan tersebar di daerah-daerah. Akan tetapi dari perspektif kualitas, pengelolaan Kampung KB masih belum optimal, hal ini dari angka partisipasi lintas sektor dalam pelaporan online Kampung KB.
‘’Baru 50 persen keterlibatan lintas sektor yang terlaporkan melalui aplikasi pelaporan online Kampung KB (kampungkb.bkkbn.go.id). Jadi secara umum kuantitas Kampung KB di Jatim sudah banyak, akantetapi secara kualitas partisipasi lintas sektor perlu ditingkatkan,’’ ucapnya.
Yenrizal mengatakan, dalam rangka mensukseskan Kampung KB tidak terbatas pada pencanangan
saja, akantetapi juga bagaimana mengawal keberlangsungan program Kampung KB.  Untuk itu diperlukan dukungan dan komitmen yang baik dari lintas sektor agar pengelolaan Kampung KB dapat menjadi lebih baik. ‘’Kita ingin melalui rapat kordinasi ini terbangun sebuah komitmen bersama antara BKKBN dengan lintas sektor baik dari provinsi maupun dari kabupaten/kota dalam mengawal dan mengelola Kampung KB,’’ harapnya dengan nada mantap ini.
Menanggapi pernyataan di atas Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Kependudukan Provinsi Jatim Siti Nurahmi mengatakan, pihaknya mengapresiasi atas komitmen BKKBN dan Tim Pokja Kampung KB dalam mengawal Kampung KB di Jatim. Menurutnya, kesuksesan pengelolaan Kampung KB merupakan tanggung jawab bersama antara BKKBN dengan Pemprov Jatim dan Pemda setempat. ‘’Kedepan dengan sinergi dengan lintas sektor pengelolaan Kampung KB akan semakin berkualitas,’’ jelasnya.
Perlu diketahui, dalam Rapat Kordinasi Mitra Lintas Sektor Pengelola Kampung KB Provinsi Jatim dihadiri oleh beberapa dinas dan Pokja yaitu Bappeda kabupaten/kota se Jatim, PMD kabupaten/kota se Jatim, OPD-KD kabupaten/kota se Jatim, kabag pemerintahan se-Jatim dan Pokja Kampung KB kabupaten/kota se Jatim. (Gus)