Komisi B DPRD Jatim Minta Dinas Koperasi Giatkan Promosi Promosi Produk UMKM

Surabaya (suarakawan.com) – Komisi B DPRD Jatim meminta kepada Dinas Koperasi dan UMKM untuk terus menggiatkan pelatihan dan pembinaan terhadap UMKM di Jatim. Pasalnya sektor UMKM dinilai paling banyak menyerap tenaga kerja dan kesejahteraan masyarakat.

“Sektor UMKM saat ini perlu dukungan dari pemerintah untuk mengembangkan usahannya. Oleh karena itu tidak hanya pemberian pelatihan tapi juga peningkatan promosi produk UMKM baik dipasaran lokal, nasional, maupun global,”ujar Anggota Komisi B DPRD Jatim, Suharti.

lebih lanjut pihaknya juga menyampaikan, terkait rancangan peruntukan belanja langsung Dinas Koperasi dan UMKM, komisi B menambahkan alokasi anggaran untuk peningkatan promosi bagi UMKM sebesar Rp. 1,5 milyar baik secara kapasitas dan kapabilitas, mengingat banyaknya produk – produk UMKM di Jatim.

“Kami juga minta dinas koperasi dan UMKM juga terus berkonsultasi ke kementerian dalam negeri terkait permendagri nomor 14 tahun 2016 yaitu bantuan penguatan koperasi dari dana hibah,”ujarnya.

Selain itu, pihakya juga meminta dan mengimbau kepada dinas Kehutanan memonitor dan mendampingi program perhutanan sosial di Jatim. Dan juga berkoordinasi dengan kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, sehingga permasalahan hutan sosial di Jatim bisa dihindari. Selain itu, pihaknya juga meminta segera menyusun regulasi baru terkait kehutanan di Jatim. Pasalnya peraturan yang ada sudah tidak sesuai dinamika. (kj/gus)