Khofifah-Emil Resmi Ditetapkan Sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim Terpilih

352 views

SURABAYA (suarakawan.com) – KPU Jatim telah menetapkan Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih. Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak dinyatakan sebagai pemenang di Pilgub 2018.

Ketua KPU Jatim Eko Sasmito mengatakan, dari surat Mahkamah Konsitusi (MK) Nomor 14/PAN.MK/7/2018 menyatakan bahwa Jatim tidak termasuk dalam daftar gugatan. KPU RI pun mengeluarkan surat edaran (SE) tanggal 23 Juli 2018 perihal Penetapan Pasangan Calon Terpilih Tanpa Perselisihan. Atas dasar itulah pihaknya pun menetapkan Pasangan Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak sebagai gubernur dan wakil gubernur terpilih.

“Sudah ada landasan tersebut, sehingga wajib segera menetapkan paslon maksimal sehari setelah tanggal surat itu. Dengan demikian maka satu hari setelah register di MK melakukan rapat terbuka. Dan pada hari ini KPU Jatim melakukan penetapan,” ujar Eko, Selasa (24/7).

Dia melanjutkan, dengan demikian pasangan Khofifah-Emil ditetapkan sebagai gubernur dan wakil gubernur terpilih. Selanjutnya, dalam waktu tiga hari kedepan surat penetapan ini diserahkan ke kementrian dalam negeri guna dilakukan proses lebih lanjut. “Kami serahkan melalui DPRD Jatim. Maka kewenangan KPU atas pilgub selesai. Selanjutnya beralih ke mendagri,” ungkapnya.

Pada penetapan tersebut, hanya terlihat Khofifah. Emil yang menjadi pasangan Khofifah tidak hadir dikarenakan sedang menghadiri acara forum internasional wali kota sedunia di New York. Sedangkan pasangan Saifullah Yusuf dan Puti Guntur Soekarno, keduanya tak terlihat menghadiri acara yang berlangsung di salah satu hotel di Surabaya ini.

Sementara itu, Sekretaris DPD Partai Demokrat Jatim Renville Antonio bersyukur karena pasangan Calon Gubernur-Wakil Gubernur yang diusung partainya, Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak resmi ditetapkan KPU Jatim sebagai gubernur-wakil gubernur terpilih. “Kami bersyukur kepada Allah SWT dan terima kasih kepada masyarakat Jatim,” kata Renville.

Politisi yang juga anggota DPRD Jatim itu pun mengaku lega karena karena Khofifah-Emil berhasil menjadi yang terbaik. Meneruskan keberhasilan kepemimpinan Soekarwo selama dua periode.

Selanjutnya, kata Renville, tugas dan komitmen Demokrat yakni mengawal pemerintahan Khofifah-Emil dengan mewujudkan percepatan kesejahteraan di Jatim lewat program Nawa Bhakti Satya. “Untuk itu, kami akan berusaha menjadi garda terdepan dalam mengawal kepemimpinan Khofifah-Emil dengan Nawa Bhakti Satya-nya,” tandas Renville. (aca/rur)

Posting Terkait