SuaraKawan.com
Politik

Kerja Keras Relawan Demokrasi Bantu KPU Surabaya

Hupmas, Surabaya – Kamis (04/03/2021) Relawan Demokrasi (Relasi) sangat efektif dalam membantu KPU Kota Surabaya  mensosialisasikan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya Tahun 2020. Para Relasi sangat aktif dan bekerja keras melakukan sosialisasi kepada basis-basis masyarakat.

Ini terungkap di rapat evaluasi Relasi Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya Tahun 2020 yang digelar di Graha Swara Lantai 3 Kantor KPU Kota Surabaya Jalan Adityawarman nomor 87. Di hadapan jajaran Komisioner KPU Kota Surabaya, relasi menyampaikan paparan tentang kegiatan sosialiasi yang telah dilakukan selama kurang lebih 4 bulan sebelum masa pemungutan suara.

Ayunda Nurul Fikri Relasi Basis Pemilih Pemula mengungkapkan, telah banyak tempat yang disosialisasi oleh Relasi Basis Pemula dengan bekerjasama dengan berbafai pihak.

“Kita ke Panti Asuhan dulu, lalu kita ke lingkungan Balai Pemuda dengan bekerjasama dengan Dinas Pariwisata, yang kita ambil yang usia 17-20 tahun, lalu kalau untuk SMA dan SMK kita bekerjasama juga dengan Dinas Pendidikan,” jelasnya.

Ayunda juga mengungkapan bahwa Relasi Basis Pemilih Pemula dalam sosialisasinya menjelaskan tentang informasi seputar kepemiluan agar para pemilih pemula mau memberikan suaranya di TPS.

Sementara itu, Syamsul Arifin salah satu Relasi Basis Keluarga mengungkapkan, di masa pandemi ini menjadi tantangan tersendiri selama melakukan sosialisasi bagi Relasi Basis Keluarga. Sehingga dirinya dan Tim Relasi Basis Keluarga banyak melakukan inovasi melalui alat peraga sosialiasi.
“Kami punya inisiatif semampu kita seperti apa yang disampaikan dalam Bimtek yang dilakukan sebelumnya, dan alhamdulillah dari Surabaya Utara sampai timur apresiasi masyarakat sangat tinggi terhadap Relasi Basis Keluarga,” jelasnya.

Syamsul juga menyebutkan KPU Kota Surabaya dinilai sukses menyelengarakan Pemilihan. Hal itu dibuktikan dengan meningkatnya tingkat partisipasi masyarakat dibanding dengan pemilihan sebelumnya meskipun pemilihan kali ini digelar di masa pandemi.

“Kalau kita tarik 2015 saat itu kondisi Surabaya itu normal-normal saja, tapi di masa pandemi ini sangat menjadikan sebuah polemik di masyarakat yang mau pergi ke TPS, artinya disini kita bisa tarik kesimpulan bahwa KPU sukses menyelenggarakan pemilihan,” pungkasnya. (trisna/hupmas)

Sumber : KPU Surabaya

Related posts

SIAPKAN PENGELOLAAN ANGGARAN & KEUANGAN AKHIR TAHUN, KPU JATIM GELAR RAKOR

redaksi

SELAMAT HARI JADI PROVINSI JAWA TIMUR KE 70 TAHUN 12 OKTOBER 2021

redaksi

KPU Banyuwangi Sebut Gugatan Paslon 1 Tidak Jelas dan Kabur

Redaksi Surabaya