Kelenteng Tay Kak Sie Semarang Terbakar, 1 Penjaga Tewas

102 views

Semarang (Suarakawan.com) – Kompleks Kelenteng Tay Kak Sie Semarang terbakar, Kamis (21/3/2019). Salah satu gedung cagar budaya yang juga merupakan rumah abu Tjie Lam Tjay itu ludes dilalap api dan menyebabkan seorang penjaga, Sutiyono atau Om Lhe (82) tewas.

Penjaga klenteng Tay Kak Sie, Sofian Candra mengatakan peristiwa terjadi sekitar pukul 04.30 WIB pagi tadi. Saat itu dia melihat asap dari arah rumah abu.

“Saya pikir ada bakar sampah di belakangnya. Saya datangi api sama asapnya sudah tinggi,” kata Candra di lokasi kejadian Jalan Gang Lombok Semarang.

Pintu utama saat itu tertutup rapat, tapi Candra mengaku bisa melihat korban sudah terduduk diam. Candra berusaha memanggil bantuan hingga akhirnya pemadam datang sembari warga sekitar berusaha memadamkan.

“Korban posisinya sudah duduk diam. Apinya membesar,” ujarnya.

Petugas Pemadam Kebakaran Kota Semarang, Agus N mengatakan 12 mobil pemadam didatangkan untuk mengatasi kebakaran tersebut. Kendala saat pemadaman salah satunya karena ketika kebakaran terjadi, listrik masih mengalir dan membahayakan.

“Ini 12 mobil dikerahkan. Kendalanya tadi listrik dari PLN masih ada,” ujar Agus.

Saat ini pukul 07.45 WIB proses pendinginan masih berlangsung. Sedangkan jenazah korban sudah dibawa ke rumah sakit. Kebakaran tersebut berimbas ke ruangan sebelahnya yaitu kantor yayasan dan balai pengobatan. Polisi belum mengetahui penyebab kebakaran tersebut.

“Penyebab belum diketahui, ini nanti Labfor datang,” kata Kapolsek Semarang Tengah, Kompol Adi Nugroho.

Rumah abu yang terbakar satu atap dengan bangunan Kong Tik Soe yang merupakan cagar budaya. Gedung tersebut terbagi dalam tiga ruangan. Dari catatan yang ada, bangunan ini sudah ada sejak 1845.(dtc/ziz)

kebakaran

Posting Terkait