Kapolsek Rungkut Pimpin Anggota Back Up Pengamanan GBT

Polrestabes Surabaya (24/09/2018) : Kapolsek Rungkut Kompol I Gede Suartika SH bersama-sama anggotanya diperbantukan (BKO) dalam rangka melaksanakan tugas pengamanan saat berlangsungnya kegiatan pertandingan sepak bola Liga 1 Gojek Traveloka Indonesia tahun 2018 antara Persebaya Surabaya Vs Mitra Kutai Kartanegara di Stadion Gelora Bung Tomo Pakal Surabaya, Sabtu, (22/09).

Kapolsek Rungkut bersama anggota dan instansi terkait melaksanakan tugas pengamanan dengan menempati lokasi diposisi pintu pertigaan dalam disekitar stadion Gelora Bung Tomo Pakal, guna menghalau dan memeriksa rombongan suporter, terutama suporter yang datang tanpa tiket atau karcis dan ingin masuk untuk melihat pertandingan.

Pengamanan sepak bola dilakukan sebagai antisipasi kerawanan timbulnya gangguan kamtibmas maupun aksi anarkis dari suporter sepak bola, karena aksi anarkis dan gangguan kamtibmas dalam pertandingan sepak bola, bisa terjadi sewaktu-waktu, sehingga perlu dilakukan antisipasi melalui aktifitas kegiatan pengamanan.

Untuk itu, suporter yang masuk dan ingin melihat pertandingan sepak bola, diseleksi terlebih dahulu, bawa tiket atau tidak waktu datang, barang-barang bawaan yang dicurigai juga diperiksa, untuk rombongan penonton atau suporter sepak bola yang tidak membawa tiket saat datang tidak diijinkan masuk, hingga dihimbau dan dihalau untuk kembali.

Pengamanan di Stadion Gelora Bung Tomo Pakal Surabaya dilakukan secara bersama-sama dengan personil Polsek Jajaran maupun Polrestabes Surabaya berikut instansi terkait, yang ditempatkan dibeberapa lokasi rawan, guna penyekatan dari suporter yang ingin melihat jalannya pertandingan sepak bola di Stadion Gelora Bung Tomo Pakal.

Dalam aktifitas selama kegiatan pertandingan sepak bola antara Persebaya Surabaya VS Mitra Kutai Kartanegara di Stadion Gelora Bung Tomo Pakal Surabaya, Kapolsek Rungkut melalui Kanit lantas Polsek Rungkut Akp Hadi Waluyo sebagai Pawas, melakukan juga pengamanan route diwilayah hukum Polsek Rungkut, dengan menempatkan personil untuk melakukan penyekatan dan mengalihkan route arus lalu lintas rombongan suporter saat melintas.

Penempatan personil untuk penyekatan diantaranya ditempatkan dilokasi batas kota Pondok Candra, pertigaan Rungkut Menanggal, pertigaan Rungkut Kidul Industri, simpang empat Merr Gununganyar maupun diperempatan Merr Stikom Wonorejo.

Dengan melalui kegiatan pengamanan yang dilakukan diharapkan selama kegiatan pertandingan sepak bola berlangsung hingga selesai, situasi kamtibmas kondusif terkendali.***rh

Laporan : Kasi Humas Polsek Rungkut.
Editor : Saiful.