Kapolsek Gubeng Pimpin Pengamanan Penertiban Bangunan di Kali Jagir Wonokromo

Polrestabes Surabaya (21/09/2018) : Penertiban lapak bangunan tanpa izin di sepanjang bantaran kali Jagir Wonokromo yang berada di depan hotel Narita Jl. Baratajaya, Kecamatan Gubeng, Surabaya, mendapat pengamanan ketat dari Kepolisian, Kamis, (20/09).

Pengamanan penertiban bangunan liar ini, di pimpin oleh Kapolsek Gubeng Kompol Sudarto SH yang diikuti oleh pasukan gabungan Polrestabes Surabaya dan Polsek Gubeng.

Penertiban lapak bangunan tanpa izin dilakukan Satpol PP Provinsi Jawa Timur dan Pemkot Surabaya yang diikuti oleh 460 orang dari Pasukan Gabungan.

Sesuai dengan surat edaran yang diterbitkan oleh Satpol PP Provinsi Jawa Timur perihal penertiban sempadan bangunan tanpa izin depan hotel Narita Jl. Baratajaya, Kecamatan Gubeng, Surabaya.

Sempadan yang berlokasi di bantaran sungai Jagir Wonokromo terdapat bangunan tanpa izin yang berjumlah 2 unit bangunan berjajar di sebelah timur dan barat, pembatas lapak yang kosong yang baru terbakar terbagi kurang lebih 90 lapak.

Bangunan-bangunan liar ini, mulai berdiri sekitar tahun 1991-an dan digunakan usaha oleh warga. Sebelum penertiban bangunan tanpa izin dilaksanakan, sebagian stand masih melakukan aktivitas pembongkaran lapaknya.

Namun pada saat personel pengamanan tiba di lokasi, para pedagang menghentikan aktivitasnya dan mulai mengangkut barang-barang yang ada di lapak untuk diangkut ke truk dan diikutiĀ  3 unit alat berat dan 2 unit mobil dump truk mulai melakukan pembongkaran lapak.

Satpol PP Provinsi Jatim dan Kota Surabaya mulai melakukan pembongkaran dengan alat berat bego di mulai dari sebelah timur dan sebelum di bongkar isi di dalam lapak di angkut oleh Satpol PP ke atas truk kecil.

Bego dari dinas PU Kota Surabaya saat melakukan pembongkaran sempat terjadi insiden kecil yaitu ban sampingnya terperosok namun bisa diatasi dan langsung melakukan aktivitas kembali.

Proses pembongkaran bangunan bantaran kali Jagir Wonokromo selesai dan dilanjutkan pengangkutan barang-barang ke tempat lapak.***rh

Laporan : Kasi Humas Polsek Gubeng.

Editor : Saiful.