Kapolri Resmikan Status Polda DI Yogyakarta Jadi Tipe A

Yogyakarta (Suarakawan.com) – Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian meresmikan status Polda DI Yogyakarta menjadi tipe A. Kenaikan tipe ini secara otomatis dibarengi dengan kenaikan pangkat Kapolda Yogyakarta menjadi jenderal bintang dua.

“Secara resmi kenaikan Polda DIY yang semula tipe B, dipimpin Kapolda bintang satu, menjadi tipe A yang dipimpin Kapolda bintang dua,” kata Kapolri saat memberi sambutan di Polda Yogyakarta, Jalan Padjajaran Ringroad Utara, Sleman, Yogyakarta, Jumat (7/12/2018).

Tito mengatakan, kenaikan tipe ini didasari berbagai pertimbangan dan kajian dari Polri serta KemenPAN RB. Di antaranya dinamika di DIY yang tinggi, pembangunan berkembang pesat, mobilitas penduduk, gangguan kamtibmas, kejahatan jalanan dan kemacetan lalu lintas.

“Yogya juga dikenal sebagai pusat wisata selain Bali, ikon penting destinasi wisata internasional dan domestik, berbagai daerah memiliki penerbangan langsung ke Yogya, juga akan ada bandara baru. Kemudian Yogya menjadi pusat belajar, kota pendidikan dengan adanya berbagai perguruan tinggi ternama. Ini harus diimbangi dengan peningkatan mekanisme dan manajemen Polda DIY,” papar Tito.

Tito menyebut, kenaikan tipe Polda Yogyakarta tak sebatas pada Kapolda bintang dua, Wakapolda bintang satu dan eselon di bawahnya ikut naik. Tapi, yang utama adalah Polda akan diperkuat dari sisi personel, logistik, sarana dan prasana serta lainnya.

“Setelah acara ini nanti saya minta Kapolda DIY kerja sama dengan Mabes Polri, untuk masalah anggaran, perencanaan, peningkatan personel, sarpras, segera jemput bila dan pro aktif sesuai standar apa yang dimaksud Polda tipe A. Ukuran terpenting ke depan adalah kinerja, harus mampu menjaga situasi DIY lebih aman, tertib dan damai,” pungkasnya.(dtc/ziz)

Tag: