SuaraKawan.com
Terkini Trenggalek

Kapolres Trenggalek Launching Inovasi Mako Simas, Genta Ratu dan Besan Sim

Polres Trenggalek – Sebagai satuan Kepolisian yang memiliki wilayah pesisir, Polres Trenggalek seolah tak pernah berhenti berinovasi. Setelah sebelumnya, meluncurkan program padang pasir atau patroli ledang pantau pesisir yang dimotori oleh Polsek Watulimo, kali ini Polres Trenggalek terobosan kreatifnya.

Tak tanggung-tanggung Kapolres Trenggalek AKBP Dwiasi Wiyatputera, S.H., S.I.K., M.H. meresmikan langsung tiga program unggulan sekaligus yang berada di Mapolsek Watulimo tersebut antara lain Mako Simas atau Taman Komunikasi Sahabat Kamtibmas, Genta Ratu atau Gerakan tanam rawan unduh dan Besan Sim atau belajar sebelum ujian Sim.

Peresmian ditandai dengan pemotongan pita dan penandatangan prasasti oleh Kapolres Trenggalek disaksikan oleh para pejabat utama, Muspika Watulimo, tokoh masyarakat setempat dan sejumlah tamu undangan lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, AKBP Dwiasi berkenan melepaskan di sungai yang berada disamping Mako Simas, menanam pohon produktif dan sayur dilahan Genta Ratu serta meninjau langsung coaching clinic ujian SIM dilokasi Besan Sim.

AKBP Dwiasi menuturkan, Watulimo merupakan salah satu wilayah yang dirasa paling berkesan. Tidak hanya karena masyarakatnya yang ramah maupun wisata alam nan eksotik tetapi juga anggota Polsek Watulimo yang dinilai sangat peduli terhadap kenyamanan masyarakat yang datang atau berkunjung ke Mapolsek.

Maka, tak heran jika kemudian Polsek Watulimo ini kerap menjadi pionir dalam berbagai hal termasuk didalamnya adalah kepiawaian membangun sinergitas dan kedekatan bersama masyarakat serta stakeholder lainnya.

“Saya ucapkan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh anggota Polsek Watulimo yang telah bekerja keras untuk mewujudkan terobosan kreatif ini. Semoga bermanfaat bagi seluruh anggota dan masyarakat Watulimo.” Ucapnya.

Sementara itu Kapolsek Watulimo AKP Suyono, S.H., M.Hum, menuturkan, berangkat dari motivasi dari Kapolres Trenggalek agar Polsek jajaran bersemangat untuk berinovasi demi mewujudkan Polri Presisi, pihaknya kemudian berdiskusi dengan anggotanya.

“Ide awalnya adalah bagaimana memanfaatkan lahan kosong yang ada di Mapolsek Watulimo sampai akhirnya terealisasi Mako Simas, Genta Ratu dan Besan Sim ini.” Jelasnya.

Mako Simas atau Taman Komunikasi Sahabat Kamtibmas merupakan taman yang asri yang berada disamping sungai tepat di sisi belakang Mapolsek. Mako Simas ini bisa digunakan untuk berbagai kegiatan pertemuan maupun diskusi dengan masyarakat.

Sedangkan Genta Ratu merupakan pengembangan dari Binmas Pionir yang fokus pada pengolahan lahan kosong menjadi lahan pertanian atau perkebunan. Jenis tanaman yang di tanam adalah memiliki nilai ekonomis seperti sayur dan buah-buahan. Dalam praktiknya, bisa bekerjasama dengan masyarakat maupun petani dan hasilnya bisa dinikmati bersama.

Demikian pula dengan program Besan Sim. Program yang merupakan ajang belajar dan latihan ujian Sim ini berawal dari anggota yang disambati masyarakat untuk melatih ujian praktek Sim agar tidak mengalami kesulitan saat mengurus Sim nanti.

“Alhamdulillah, animo masyarakat cukup tinggi. setiap hari ada saja warga yang latihan disini. Tentu dengan tetap didampingi oleh anggota.” Pungkasnya.

Related posts

Kapolda Jatim; Satgas Gakkum Polda Menyita 43 Jenis Obat dan Vitamin yang dijual secara tidak sah

Wong Nggalek

Secara Serentak, Kapolres Jajaran Polda Jawa Timur Lakukan Anjangsana Ke Rumah Korban KRI Nanggala 402

Wong Nggalek

Blusukan Ke Bandung, Kapolri dan Panglima Mapping Kebutuhan Masyarakat Dampak PPKM Darurat

Redaksi Mojokerto