SuaraKawan.com
Trenggalek

Kapolres Trenggalek Gelar Jumat Curhat, Sarana Silaturahmi Bersama Masyarakat

Polres Trenggalek – Membangun kedekatan antara Polisi dengan masyarakat merupakan salah satu prioritas yang dilakukan oleh jajaran Polres Trenggalek dalam rangka memantapkan pemeliharaan Kamtibmas yang kondusif diseluruh wilayah Kabupaten Trenggalek.

Hal ini secara implisit juga termaktub dalam slogan `SIAP` yang dicanangkan oleh AKBP Gathut Bowo Supriyono, S.H., S.I.K., M.Si. sejak awal menjabat sebagai Kapolres Trenggalek. Kata `SIAP` itu sendiri merupakan akronim dari Solid, Integritas, Agamis dan Profesional.

Salah satu implementasinya adalah dengan menggelar `Safari Jumat` sekaligus `jumat curhat` dimana seluruh pejabat utama, mulai dari Kapolres hingga Bhabinkamtibmas menunaikan ibadah salat Jumat di masjid-masjid yang tersebar di wilayah masing-masing.

Kegiatan tersebut di manfaatkan pula untuk menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas kepada para jamaah disamping mendengarkan dan menampung saran masukan maupun keluh kesah masyarakat terutama yang berkaitan dengan Kamtibmas.

Tak sekadar duduk dibelakang meja, orang nomor satu di jajaran Polres Trenggalek ini bahkan memimpin langsung Safari Jumat bersama sejumlah pejabat utama. Meski baru pertama kali bertemu, suasana akrab sangat terasa dan terkesan tidak ada sekat antara seorang Kapolres dengan masyarakat lainnya.

“Iya benar. Hari ini kami bersama beberapa pejabat utama melaksanakan Safari Jumat di Masjid Darul Falah tepatnya di Desa Parakan Kecamatan Trenggalek. Ini adalah tempat pertama yang saya kunjungi dan bertemu langsung dengan masyarakat.” Ujar AKBP Gathut kepada tim redaksi. Jumat, (11/8).

Dalam kesempatan tersebut AKBP Gathut memperkenalkan diri sebagai pejabat baru di Trenggalek dan memohon bantuan serta dukungan dari segenap warga dalam menjalankan tugas sebagai Kapolres Trenggalek.

Tak berhenti disitu, pihaknya mengajak semua elemen masyarakat untuk bersama-sama berperan aktif menjaga Kamtibmas. Menurutnya, dalam mengelola Kamtibmas Polisi tidak bisa bekerja sendiri tanpa peran serta masyarakat.

“Bersama-sama kita lakukan pencegahan mulai dari potensi gangguan, ambang gangguan maupun gangguan nyata sehingga Kamtibmas yang kondusif dapat terwujud sesuai dengan harapan manyarakat,” Imbuhnya.

Masih kata AKBP Gathut, pihaknya memimta agar masyarakat tak segan-segan untuk memberi masukan, kritik dan saran kepada jajarannya agar bisa memperbaiki diri dan meningkatkan kualitas pelayanan.

“Jika mengetahui ada permasalahan, mohon segera disampaikan kepada kami. Tentunya akan segera kami tindak lanjuti.” Pungkasnya.

Tak ketinggalan AKBP Gathut mengingatkan bahwa agenda kedepan yang memerlukan perhatian adalah pesat demokrasi tahun 2024. Pihaknya meminta agar masyarakat tetap menjunjung tinggi perdamaian dan selalu menjaga kerukunan antar warga.

Kegiatan ditutup dengan penyerahan sarana kontak kepada takmir masjid yang nantinya bisa digunakan untuk membantu kegiatan di Masjid Darul Falah.