Jokowi Sambangi Pengungsi Korban Gempa Lombok Utara

267 views

Lombok (Suarakawan.com) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali menyambangi posko pengungsian korban gempa di belakang Kantor Kepolisian Sektor Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, Selasa (14/8/2018).

Sebagaimana ketika meninjau Posko Penanggulangan Darurat Bencana Gempa Lombok di Lapangan Tanjung tadi malam, Jokowi didampingi beberapa pejabat pagi ini menyapa para pengungsi serta membagikan bahan pokok dan buku tulis.

Dalam pertemuan dengan para pengungsi di halaman terbuka, Presiden mengemukakan bahwa pemerintah siap membantu upaya pemulihan pascagempa, terutama yang berkenaan dengan rekonstruksi permukiman.

“Yang rusak berat rumahnya, mau dibantu berapa?” tanya Presiden kepada para pengungsi.

“Rp 100 juta Pak,” jawab para pengungsi serentak.

Dengan senyum, Jokowi kemudian menjelaskan jika pemerintah telah menyiapkan anggaran untuk membantu rekonstruksi rumah warga yang terdampak gempa 7 Skala Richter pada 5 Agustus.

“Jadi pemerintah sudah siapkan bantuan. Untuk rumah yang rusak berat dibantu Rp 50 juta, yang rusak sedang Rp 25 juta,” katanya.

Selain itu, ia melanjutkan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat akan membantu warga merancang konstruksi rumah tahan gempa.

“Nantinya pengerjaan ini saya harap dilakukan bersama-sama, warga nantinya diajarkan dan dibantu dalam pembangunannya,” kata Jokowi.(ara/ziz)

gempa lombok

Posting Terkait