Jokowi Resmikan Tol Terpanjang dan Bandara Radin Inten II Lampung

Lampung (Suarakawan.com) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) ditemani Ibu Negara Iriana melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Lampung, Jumat (8/3/2019). Dalam kunker kali ini, Jokowi meresmikan tol terpanjang di Indonesia serta terminal Bandara Radin Inten II Lampung.

Jokowi bertolak dari Landasan Udara TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, pukul 07.10 WIB. Usai menempuh perjalanan udara sekitar 30 menit dari Jakarta, Jokowi dan Iriana tiba di Bandara Radin Inten II, Lampung Selatan, Provinsi Lampung sekitar pukul 07.50 WIB. Jokowi menandatangani prasasti Terminal Bandara Radin Inten II didampingi Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

“Saya tadi sudah perintahkan kepada Menteri Perhubungan yang pertama agar bandara ini Paling lama 2 minggu sudah ada penerbangan internasional. Yang kedua juga transportasi dari kota menuju bandara lewat kereta bandara harus juga mulai disiapkan sehingga kalau nanti kapasitas bandara ini membesar karena growthnya tinggi sekali di sini itu sudah ada persiapan kereta bandaranya juga,” kata Jokowi.

Dia mengatakan, nantinya terminal bandara tersebut juga akan diperluas lagi. Untuk pengelolaannya juga akan diserahkan ke PT Angkasa Pura II.

“Saya sudah perintahkan juga untuk ini diserahkan ke AP II agar pengelolaannya ke depan lebih cepat sehingga Kementerian Perhubungan bisa anggarannya konsentrasi ke bandara-bandara yang lainnya,” kata Jokowi.

Jokowi berharap dengan adanya terminal baru ini perekonomian di Lampung bisa semakin bergairah, terutama dari sektor pariwisata.

“Kemudian juga bisnis investasi di Lampung juga banyak sekali ini akan mendukung kecepatan pertumbuhan dari Bandara Radin Inten II ini. Nanti mungkin kalau sudah dipegang Angkasa Pura II langsung bisa ekspansi lagi gede banget ini ya. Termasuk juga yang di Silam Pari, Kabupaten Lubuk Linggau. Ini kita harapkan dengan adanya bandara itu titik pertumbuhan ekonomi Silam Pari dan sekitarnya juga bisa tumbuh dengan baik,” imbuh Jokowi.

Usai peresmian, Jokowi meninjau beberapa titik di terminal tersebut. Termasuk titik krusial seperti di tempat kedatangan, pemeriksaan keamanan hingga tempat calon penumpang menunggu. Dalam peninjauannya ini banyak warga yang mendekat untuk bersalaman dan memfoto Jokowi.

Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin menambahkan, setelah meninjau terminal baru tersebut, Jokowi menandatangani prasasti sebagai tanda diresmikannya Terminal Baru Bandar Udara Internasional Radin Inten II dan Peresmian Terminal Baru Bandar Udara Silampari, Kota Lubuklinggau.

“Setelahnya, Presiden dan Ibu Iriana bersama rombongan akan melanjutkan perjalanan menuju Gerbang Tol Natar, Kelurahan Tanjungsari, Kecamatan Natar, Kabupaten Lampung Selatan,” kata Bey.

Jokowi akan meresmikan menuju Jalan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar Segmen Bakauheni-Lematang dan Segmen Kotabaru-Terbanggi Besar. Tol ini memiliki panjang 140,9 kilometer yang disebut sebagai tol terpanjang di Indonesia setelah Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) sepanjang 116,75 kilometer.

Jokowi juga dijadwalkan meresmikan Terminal dan Dermaga Eksekutif Merak dan Bakauheni.

“Presiden juga akan melaksanakan ibadah salat Jumat di Masjid Istiqlal, Kabupaten Lampung Tengah, dilanjut dengan menyerahkan sertifikat tanah wakaf,” kata Bey.(dtc/ziz)

Tag: