Jokowi Masuk Daftar 75 Orang Berpengaruh di Dunia Versi Forbes

JAKARTA (suarakawan.com) – Presiden RI Joko Widodo masuk ke dalam daftar 75 orang berpengaruh di dunia versi Forbes. Jokowi berada di peringkat 74.

“Menjelang pemilihan umum Indonesia 2019, Forbes mencatat bahwa ini adalah pertama kalinya Jokowi masuk daftar orang yang berpengaruh mengubah dunia,” tulis Forbes, Rabu 9 Mei 2018.

Sementara itu untuk kali pertama, peringkat satu diduduki Presiden Tiongkok Xi Jinping. Xi berhasil menggeser posisi Presiden Rusia Vladimir Putin yang turun ke peringkat dua.

Pemilihan didasarkan dari sosok yang menghasilkan kekuatan, sumber daya keuangan yang terkendali, kuat dalam berbagai bidang dan aktif.

Sementara, Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menempati posisi ketiga. Ia disebut banyak dirundung skandal, namun masih memegang posisi kekuatan ekonomi dan militer terbesar dunia.

Urutan keempat ditempati Kanselir Jerman Angela Merkel. Posisi keenam adalah Paus Fransiskus. Posisi kedelapan adalah Pangeran Arab Saudi Mohammed bin Salman Al Saud.

Posisi kesembilan diraih Perdana Menteri India Narendra Modi, urutan ke 12 ditempati Presiden Prancis Emmanuel Macron dan Perdana Menteri Tiongkok Li Keqiang menempati peringkat 15, setelah sebelumnya Perdana Menteri Inggris Theresa May di peringkat 14.

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un ada di posisi 36, Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe ada di posisi 38, dan Presiden Korea Selatan di urutan ke 54 serta Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong ada di posisi 61.(mtv/rur)