Jokowi Janjikan Rumah Bagi Korban Tsunami Selat Sunda

Lampung (Suarakawan.com) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjanjikan akan membangun rumah bagi korban tsunami Selat Sunda. Janji itu dilontarkan Jokowi setelah berdialog dengan warga yang terkena dampak tsunami di Desa Way Muli, Kecamatan Rajabasa, Lampung Selatan, Rabu (2/1/2019).

Sejak Rabu pagi, Jokowi meninjau langsung lokasi yang terdampak tsunami di wilayah itu.

“Kita akan masuk ke situ, ke tahap rekonstruksi dan pembangunan. Tidak ada hunian sementara. Jadi langsung akan dibangun rumah tapi kira-kira 400 meter dari sini,” kata Jokowi.

Jokowi menyebutkan, ada tanah seluas 2 hektar yang berjarak 400 meter dari lokasi terdampak tsunami. Tempat tinggal warga akan direlokasi ke tempat yang lebih aman dari tsunami.

Sebelum di Desa Way Muli, Jokowi lebih dulu meninjau Desa Kunjir yang juga terdampak tsunami. Jokowi menerima penjelasan tentang sebaran lokasi yang terdampak tsunami di Lampung Selatan. Selain itu, dia juga melihat bangunan-bangunan yang hancur. Presiden telah memerintahkan jajarannya untuk melakukan penanganan pasca tsunami dengan baik.

“Saya sudah sampaikan ke Bupati Lampung Selatan, Gubernur (Lampung), Menteri PU, dan ke BNPB agar segera dilakukan penanganan, terutama setelah evakuasi selesai,” ujar Jokowi.(kcm/ziz)