Jokowi Jajal Motor Listrik Gesits Bikinan ITS

Tidak ada komentar 26 views

Jakarta (Suarakawan.com) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjajal motor listrik Gesits (Garansindo Electric Scooter ITS) bikinan ITS, Rabu (7/11/2018). Jokowi memuji motor listrik buatan anak bangsa ini.

“Bagus, bagus banget ini,” kata Jokowi.

Sebelum mencoba langsung mengendarai Gesits, Jokowi terlebih dahulu melakukan pertemuan dengan pihak terkait dari produsen motor listrik, Kemenristek DIKTI dan pejabat pemerintah di Istana Negara, Jakarta. Jokowi kemudian menuju halaman istana. Di sana sudah terparkir beberapa motor listrik Gesits.

Jokowi sempat melanjutkan perbincangan sebentar dan kemudian mengenakan helm berwarna hitam dan mulai menaiki motor Gesits berwarna merah. Jokowi yang mengenakan baju batik itu kemudian tancap gas sekitar 300 meter. Tak lama, kemudian Jokowi memutar balik dan memarkirkan lagi tunggangannya itu.

Motor listrik Gesits ini telah dijadwalkan meluncur pada bulan September lalu namun sampai sekarang belum juga ada pengumumannya. Seperti halnya mobil desa, motor ini juga akan diluncurkan Jokowi. Hal itu diungkapkan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir saat membuka Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS 31) di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) beberapa waktu lalu.

Nasir mengatakan, pabrik yang memproduksi motor Gesits sudah siap dan hanya tinggal menunggu peluncuran. Dengan motor listrik maka akan didapatkan penghematan yang signifikan dibandingkan menggunakan motor bensin. Selain hemat juga bisa menekan polusi udara.

Untuk pengisian baterai, nanti akan diterapkan dengan cara ditukar seperti yang diberlakukan pada tabung gas LPG. Baterai untuk motor Gesits akan diproduksi secara pabrikan dan sudah ada pabrik yang bersedia memproduksinya. Pihaknya juga telah melakukan pembicaraan dengan pihak Pertamina terkait terminal pengisian agar tersedia di SPBU-SPBU. Modelnya dengan cara penukaran seperti menukarkan tabung gas LPG.(dtc/ziz)

Tag: