SuaraKawan.com
Politik

JELANG PEMUNGUTAN SUARA, KPU JATIM BERSAMA 19 KABUPATEN/ KOTA SUSUN STRATEGI MAKSIMALISASI PARMAS

Divisi Sosdiklih dan Parmas KPU Jatim, Gogot Cahyo Baskoro pada Rakor Evaluasi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat (30/11/2020)

 

Jember, kpujatim.go.id- Menjelang hari pemungutan suara tanggal 9 Desember nanti, Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Timur (KPU Jatim) bersama dengan 19 KPU Kabupaten/ Kota Penyelenggara Pemilihan menyusun strategi untuk memaksimalkan partisipasi masyarakat dalam Rakor Evaluasi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat (Sosdiklih dan Parmas).

Rakor digelar selama dua hari, Senin-Selasa, tanggal 30 November sampai 1 Desember 2020 di aula kantor KPU Kabupaten Jember, jalan Kalimantan Nomor 31 Jember.

Berkesempatan menghadiri rakor ini dari KPU Jatim yakni, Divisi Sosdiklih dan Parmas, Gogot Cahyo Baskoro, Kasubbag Tekmas, Eddy Prayitno serta staf subbag Tekmas. Selanjutnya peserta terdiri dari Divisi Sosdiklih, Parmas dan SDM serta 19 Kasubbag Tekmas 19 KPU Kabupaten/ Kota di Jawa Timur.

Divisi Sosdiklih dan Parmas, Gogot Cahyo Baskoro menerangkan bahwa saat ini jelang segera berakhirnya masa kampanye (5/12), dan akan memasuki masa tenang (6-8/12).

“Kita saat ini melaksanakan pemilihan di masa pandemik, dimana semua pihak baik penyelenggara, peserta maupun pemilih tidak mempunyai pengalaman sebelumnya, sementara itu kondisi yang terjadi di sejumlah tempat muncul kekhawatiran bahwa penyelenggaraan pemilihan ini utamanya tahapan pemungutan suara 9 Desember akan memunculkan kluster baru penularan Covid-19. Sehingga publik takut untuk datang ke TPS. Tentu ini tidak bisa Kita biarkan begitu saja dan harus diantisipasi,” jelas mantan Komisioner KPU Kabupaten Jember ini (30/11/2020).

Gogot melanjutkan, jika KPU Kabupaten/ Kota perlu memfokuskan kegiatan sosialisasi agar pemilih tidak perlu takut ke TPS, dan agar bisa menyentuh seluruh pemilih bisa dibantu dengan Ad hoc-nya.

“Berikutnya, untuk memaksimalkan partisipasi pemilih Kita pada kesempatan ini akan bersama-sama menyusun strategi maksimalisasi parmas, mengevaluasi tingkat parmas, identifikasi target parmas, kegiatan sosdiklih yang telah dilakukan, kendala yang dihadapi, serta evaluasi publikasi pemberitaan di website dan medsos,” paparnya.

Terakhir Gogot meminta pasca rakor selesai, 19 KPU Kabupaten/ Kota segera menindaklanjuti hasilnya.

(AACS)

Sumber : KPU Jatim

Related posts

PPID KPU Surabaya Melayani Permohonan Data Pemilih

redaksi

Giat Jumat : KPU Surabaya Olah Raga Sembari Memanfaatkan Suroboyo Bus

redaksi

Jelang Debat Publik Pertama, KPU Surabaya Adakan Rakor Terakhir

redaksi