Inilah 5 Pemain Tertua di Piala Dunia 2018

Tidak ada komentar 81 views

Rafael Marquez

JAKARTA (suarakawan.com) – Semua pesepakbola di seluruh dunia, tentu ingin menunjukkan aksi dengan bermain di turnamen sepakbola paling mahsyur sejagat raya, Piala Dunia. Tak terkecuali, para pemain yang sudah berusia tak muda. Meski sudah uzur, namun para pemain ini tetap masuk dalam skuat timnya di Piala Dunia 2018 Rusia.

Meski sudah tak muda lagi, bukan berarti para pemain veteran ini tak berkualitas. Sosok pemain senior jelas sangat dibutuhkan setiap tim, untuk menularkan banyaknya pengalaman di lapangan, dan menjadi contoh bagi para pemain muda.

Buktinya, ada sejarah Piala Dunia yang mencatat nama penjaga gawang Timnas Italia, Dino Zoff. Zoff jadi kiper tertua yang berhasil mengantar timnya menjadi juara Piala Dunia. Ya, Zoff sukses mengantar armada Idi Piala Dunia 1982 Spanyol. Saat itu, Zoff sudah berusia 40 tahun.

Dari fakta tersebut, jelas para pemain veteran yang tampil di setiap Piala Dunia tak bisa diremehkan. Tak terkecuali, dengan lima pemain tertua yang masuk dalam skuat tim di Piala Dunia 2018.

Lewat data yang dikutip FIFA.com, ada lima pemain paling tua yang masuk dalam skuat Piala Dunia 2018. Siapa saja pemain yang tertua di Piala Dunia? Berikut ini ulasannya.

1. Jose Corona (Meksiko/Kiper/37 Tahun)

Corona adalah salah satu pemain veteran yang dibawa pelatih Meksiko, Juan Carlos Osorio, di ajang Piala Dunia 2018. Piala Dunia edisi kali ini adalah yang keempat kalinya nama Osorio masuk dalam skuat armada El Tricolor. Masuk skuat Meksiko sejak 2005, total Corona tampil dalam 52 pertandingan internasional.

2. Tim Cahill (Australia/Gelandang/38 Tahun)

Tentu, publik sudah tak asing dengan nama Tim Cahill, pemain depan serba bisa Timnas Australia. Meski sudah tak muda, Cahill tetap masuk dalam skuat Australia di Piala Dunia 2018. Cahill tetap dibawa juru taktik Socceroos, Bert van Marwijk. Membela Australia sejak 2004, Cahill total tampil dalam 106 laga internasional, dan mencetak gol. Piala Dunia 2018 juga jadi Piala Dunia keempat yang diikuti Cahill sepanjang kariernya.

3. Sergei Ignashevich (Rusia/Bek/38 tahun)

Pengalaman Ignashevich jelas jadi alasan utama pelatih Timnas Rusia, Stanislav Cherchesov, memasukan namanya dalam daftar 23 pemain yang jadi skuat inti Tim Beruang Merah di Piala Dunia 2018. Sebagai salah satu pemain senior, Ignashevich yang sudah berusia 38 tahun diharapkan bisa mengobarkan semangat juang tim tuan rumah. Hingga saat ini, Ignashevich sudah 16 tahun membela Rusia. Total Ignashevich sudah tampil dalam 128 pertandingan internasional dan mencetak delapan gol.

4. Rafael Marquez (Meksiko/Gelandang/39 Tahun)

Bukan Jose Corona pemain tertua yang dibawa pelatih Meksiko, Juan Carlos Osorio. Rafael Marquez, pemain ini adalah yang tertua dalam skuat Meksiko di Piala Dunia 2018 Rusia. Hingga saat ini eks bintang Barcelona ini sudah 21 tahun membela El Tricolor. Total Marquez sudah tampil dalam 145 pertandingan dan mencetak 19 gol bersama Meksiko.

5. Essam El-Hadary (Mesir/Kiper/45 Tahun)

Dialah pemain tertua di Piala Dunia 2018. Tak cuma itu, El-Hadary juga jadi pemain tertua yang masuk dalam skuat Piala Dunia. Jika El-Hadary diturunkan dalam salah satu laga di Piala Dunia 2018, maka El-Hadary akan jadi kiper tertua yang bermain di ajang Piala Dunia. Sudah 22 tahun membela Mesir, El-Haddary sudah tampil dalam 152 pertandingan. (viv/rur)