SuaraKawan.com
Trenggalek

Ingin Daftar Bintara Polisi? Simak Syarat dan Ketentuannya

Polres Trenggalek – Kepolisian Negara Republik Indonesia membuka penerimaan terpadu Bintara Polri gelombang II tahun 2022. Pembukaan penerimaan Bintara Polisi ini tercantum dalam pengumuman nomor: Peng/20/III/DIK.2.1./2022 tanggal 29 Maret 2022.

Kabagsumda Polres Trenggalek Kompol M. Solichin, S.H., mengatakan rekrutmen ini merupakan penerimaan untuk menjadi Bintara Polri dengan pangkat Brigadir Polisi Dua (Bripda) melalui pendidikan Bintara Polri.

“Pendaftaran dan verifikasi dibuka mulai tanggal 31 Maret sampai dengan 11 April 2022.” Jelas Kompol Solichin.

Kompol Solichin menuturkan, dalam rekrutmen kali ini terdapat tiga kriteria Bintara Polri yang bisa dipilih. Bintara Polisi Tugas Umum (PTU), Bintara Kompetensi Khusus (Bakomsus) dan Bintara Brimob. Sedangkan jumlah peserta didik yang dibutuhkan sebanyak 9.284 orang terdiri dari  Bintara PTU dan Bakomsus pria sebanyak 7.984 orang, Bintara PTU, Bakomsus wanita sebanyak 300 orang dan Brintara Brimob 1.000 orang.

“Jika lulus seleksi, akan mengikuti pendidikan selama lima bulan mulai tanggal 25 Juli sampai 21 Desember 2022. SPN Polda dan Pusdik Polair untuk Bintara PTU dan Bakomsus Pria, Pusdik Brimob untuk Bintara Brimob, Sepolwan untuk Bintara Polwan.” Imbuhnya.

Adapun persyaratan umum diantaranya warga negara Indonesia, beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia kepada NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD tahun 1945, sehat jasmani dan rohani, berumur paling rendah 18 tahun pada saat diangkat sebagai anggota Polri, tidak pernah dipidana, berwibawa, jujur, adil dan berkelakuan tidak tercela.

Sedangkan persyaratan lain, untuk Bintara PTU dan Brimob merupakan lulusan minimal SMA/MA, SMK semua jurusan kecuali tata busana, tata kecantikan dan jurusan yang sudah ditentukan untuk jalur Bakomsus, SPM/PDF (setingkat SMA pada pondok pesantren) dengan tinggi badan pria minimal 165 cm dan wanita 160 cm.

Sedangkan Bakomsus Polair berijazah SMK Pelayaran/Perkapalan, Minimal D-III Nautika dan Teknika, D-III Teknik Perkapalan (Desain dan Rancang Bangun Kapal) dengan IPK minimal 3,00 dan Prodi terakreditasi.

Sementara untuk Bakomsus Teknologi Informasi (TI), Berijazah SMK/MAK jurusan Teknik Komputer Jaringan, Multimedia, Teknik Komputer dan Informatika, Telekomunikasi, Rekayasa Piranti Lunak dan Teknik Elektro.

Bakomsus tenaga kesehatan berijazah minimal D-III jurusan Keperawatan,Perawat Gigi, Kebidanan, Anastesi, Gizi, Fisioterapi, Teknik Gigi, Elektromedik, Kesehatan Lingkungan, Radiologi, Analis Kesehatan dan Farmasi.

Bakomsus musik dengan ijazah minimal SMK jurusan Seni Musik atau Sekolah Menengah Musik dengan menguasai (bukan menguasai karena hobi) minimal satu instrumen musik diantaranya Flute, Oboe, Clarinet, Sax Alto, Sax Tenor, Trumpet, Trombone, Tuba, Bason/Fagot, Percusi, Keyboard, Electric Bas, Electric Guitar, Violin, Drum Set dan Celo.

Bakomsus Labfor, berijazah minimal SMK jurusan Kimia/Analis Kimia, Teknik Listrik/Instalasi Tenaga Listrik, Teknik Konstruksi Bangunan.

Terakhir, Bakomsus logistik, ijazah minimal SMK jurusan, Teknologi Konstruksi dan Properti, Mesin, Teknologi Tekstil, Teknik Otomotif, Kompetensi Keahlian Manajemen Logistik, Ekonomi dengan jurusan Akuntansi, Teknik Informatika Kompetensi Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak.

Bagi yang berminat lanjut Kompol Solichin, dapat mengakses website penerimaan.polri.go.id dan memilih jenis seleksi Terpadu Bintara Polri dan mengisi form yang telah disediakan. Jika mengalami kesulitan bisa datang langsung ke Bagsumda di lantai dua Mapolres Trenggalek. Pihaknya telah menyiapkan personel khusus yang siap mendampingi dan membantu para pendaftar.

“Penerimaan Bintara Polri menerapkan prinsip Bersih, Transparan, Akuntabel dan Humanis (BETAH) dan tidak dipungut biaya.” Pungkasnya.

Related posts

Kapolres Trenggalek Buka Lomba Memasak Hari Bhayangkara ke -76

Wong Nggalek

Kapolres Trenggalek dan Pejabat Utama Ikuti Apel Besar Kapolsek dan Kasatfung

Wong Nggalek

Panitia Hingga Peserta Seleksi Penerimaan Anggota Polri T.A. 2022 Tanda Tangani Pakta Integritas

Wong Nggalek