SuaraKawan.com
Headline Sidoarjo

Indah Kurnia Terus Sosialisasikan QRIS

 

Indah Kurnia Anggota Komisi IX DPR RI saat hadir secara virtual acara sosialisasi Gerakan Nasional non tunai QRIS

(SIDOARJOterkini) – Indah Kurnia anggota DPR RI Komisi IX bersama Yayasan Wahana Narasi Indonesia dan Bank Indonesia menggelar sosialisasi Gerakan Nasional Non Tunai. Acara yang bertema Belanja Pakai QRIS Yuk! tersebut sebagai bentuk dukungan Legislator asal daerah pemilihan Surabaya & Sidoarjo kepada para pelaku UMKM untuk naik kelas.

Acara yang digelar secara hybrid yaitu fisik dan virtual melalui aplikasi zoom dan Acara fisik dilaksanakan di sebuah resto di kawasan Taman Sidoarjo, Jumat 25 Februari 2022. Peserta fisik didominasi oleh kelompok UMKM yang menamakan diri Sahabat Muda Sidoarjo.

Hadir memberikan sambutan pada acara ini adalah Budi Hanoto Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur. Pada sambutannya beliau menyampaikan bahwa Bank Indonesia terus berinovasi untuk memberikan layanan terbaik khususnya bagi UMKM.

“Saat ini limit transaksi sudah dinaikkan, dari 5 juta menjadi 10 juta sekali transaksi, akan berlaku efektif mulai 1 Maret 2022 nanti,”ungkap Budi Hanoto.

Budi menyampaikan bahwa target Merchant QRIS pada 2021 telah melebihi yaitu 13 juta merchant dari target sebanyak 12 juta.

“Provinsi Jawa Timur adalah penyumbang ke 3 terbesar seluruh Indonesia. Khusus Sidoarjo sudah ada 162 ribu Merchant QRIS
“, ujar Budi.

Sementara Indah Kurnia yang hadir dalam acara ini memberikan support dan semangat kepada para peserta. UMKM harus menjadi raja di negeri sendiri. Pasar yang besar jangan sampai hanya dikuasai oleh produk -produk asing.

“Kita harus bangga dengan produk-produk UMKM, Harus kita beli dan gunakan produk UMKM sebagai upaya untuk mendukung Gerakan Bangga Buatan Indonesia”, jelas Indah.

Pemateri pada kegiatan ini adalah Defrialdy Bramasta, dari Kantor Perwakilan Bank Indonesia. Pria yang akrab dipanggil Bram tersebut menyampaikan bahwa, bila 2021 lalu pihaknya fokus sosialisasi QRIS pada Merchant dan sudah mencapai target, maka pada 2022, pihaknya fokus pada pengguna atau konsumen.

“Sangat percuma bila ada QRIS di merchant tapi konsumen tidak bisa menggunakan QRIS,”ucap Bram.

Pada kesempatan tersebut peserta yang hadir langsung maupun yang mengikuti secara virtual diberikan kesempatan untuk menanyakan hal yang berkaitan dengan alat pembayaran non tunai QRIS itu.

Pasangan Suami Istri, yaitu Tommy dan Yohana dari Surabaya menanyakan, apakah QRIS bisa digunakan untuk pembayaran BPJS dan PBB.

“QRIS bisa digunakan untuk pembayaran BPJS dan PBB,” jawab Bram

Di tengah acara sosialisasi, seorang pengurus partai yang juga pengusaha Afif Fiyanto ditantang moderator acara untuk memesan kopi ekspreso yang pembayarannya menggunakan QRIS. Dengan disaksikan peserta yang hadir Afif Fiyanto melakukan transaksi non tunai menggunakan QRIS untuk memesan secangkir kopi Ekspreso. (cles)

The post Indah Kurnia Terus Sosialisasikan QRIS appeared first on SIDOARJO TERKINI.

Sumber : Sidoarjo Terkini (Jejaring JatimTerkini.com)

Related posts

Tega, Bayi Cantik Dibuang Depan Rumah Warga Jabaran Balongbendo

redaksi

Cegah KLB, Kabupaten Sidoarjo Launching BIAN

redaksi

Ibu-ibu PB dan Muslimat Porong Sambut Baik Program Insentif Plus Guru Ngaji dari Gus Muhdlor-Subandi

redaksi