SuaraKawan.com
Politik

ILHAM SAPUTRA: PENYELENGGARAAN PEMILIHAN 2020 JADI MODAL PEMILU & PEMILIHAN 2024

Plt. Ketua KPU Republik Indonesia, Ilham Saputra dalam arahannya pada Rapat Koordinasi Evaluasi Tahapan Penyelenggaraan Pemilihan Serentak Tahun 2020 di Provinsi Jawa Timur hari ini (Kamis, 25/3)

 

Surabaya, kpujatim.go.id- Penyelenggaraan Pemilihan Serentak Tahun 2020 menjadi modal penyelenggaraan Pemilu dan Pemilihan Serentak Tahun 2024 nanti. Ungkap  Plt. Ketua KPU Republik Indonesia, Ilham Saputra dalam arahannya pada Rapat Koordinasi Evaluasi Tahapan Penyelenggaraan Pemilihan Serentak Tahun 2020 di Provinsi Jawa Timur hari ini (Kamis, 25/3).

Plt. Ketua KPU Republik Indonesia ini menjelaskan jika banyak sekali hikmah ketika penyelenggaraan Pemilihan Serentak dilaksanakan di Desember 2020 ini.

“Karena Kita jadi tahu bagaimana menyelenggarakan pemilihan di tengah pandemi. Tahu menyiapkan tahapan-tahapan teknis bagaimana mendatangkan masyarakat ke Tempat Pemungutan Suara dengan sehat dan aman. Mulai menggunakan masker, pemeriksaan suhu tubuh dengan thermogun, mencuci tangan, memakai sarung tangan,  ada tempat isolasi di TPS untuk pemilih OTG, penggunaan hazmat untuk petugas KPPS, dan sebagainya,” papar Ilham (25/3/2021).

Tadinya menurut Ilham, banyak yang meragukan tingkat partisipasi pemilih. Namun dengan protokol kesehatan yang diterapkan, masyarakat yakin untuk datang ke TPS.

“Modal Kita dalam menyelenggarakan Pemilihan Serentak Tahun 2020 ini bisa memperkuat persiapan penyelenggaraan Pemilihan Serentak dan Pemilu 2024,” tegasnya.

Disisi lain, terkait dengan penyelenggaraan Pemilu 2024, Ilham mengungkapkan KPU mengusulkan agar Pemilu 2024 dilaksanakan lebih maju pada bulan Februari atau Maret.

“Karena jika Pemilu 2024 dilaksanakan pada bulan April, maka tidak akan selesai pada tahapan Pencalonan Pemilihan Serentak 2024. Terus ada PSU juga. Jadi kemungkinan pencalonannya belum selesai terkait dukungan kursi dan suara,” tutur Plt. Ketua KPU Republik Indonesia.

Mengakhiri arahannya, Ilham berpesan agar KPU Provinsi dan Kabupaten/ Kota melakukan evaluasi yang komprehensif, untuk selanjutnya disampaikan kepada KPU. Evaluasi yang komprehensif ini akan sangat membantu pekerjaan teknis di tahun 2024.

“Terakhir, Saya berharap Kawan-kawan terus menempa diri. Kembali membaca aturan, merefresh lagi kemampuan yang Kita miliki. Sehingga penyelenggaraan Pemilu dan Pemilihan 2024 dapat berjalan dengan baik,” pungkasnya.

(AACS)

Sumber : KPU Jatim

Related posts

EVALUASI PEMILIHAN SERENTAK 2020, KPU JATIM UNDANG 19 KABUPATEN/ KOTA

redaksi

KPU SURABAYA LAKSANAKAN REKAPITULASI PEMUTAKHIRAN DATA PEMILIH BERKELANJUTAN BULAN JULI 2021

redaksi

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1442 H

redaksi