SuaraKawan.com
Trenggalek

Hari Kedua Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Pemilu 2024 Ppk, Polres Trenggalek Pertebal Pengamanan

Polres Trenggalek – Kepolisian Resort Trenggalek kembali menggelar pengamanan tahapan rekapitulasi hasil penghitungan suara pemilu 2024 yang diselenggarakan oleh sejumlah PPK di Kabupaten Trenggalek. Senin, (19/2).

Kapolres Trenggalek AKBP Gathut Bowo Supriyono, S.H., S.I.K., M.Si. melalui Kasihumas Iptu Susila Basuki, S.Sos. mengatakan, rekapitulasi hasil penghitungan suara pemilu 2024 dilakukan hampir diseluruh PPK se Kabupaten Trenggalek.

“Sesuai jadwal, PPK kecamatan Panggul, Bendungan, Munjungan, Pule dan Durenan sudah dimulai sejak kemarin. Untuk hari ini bertambah dari PPK Kampak, Pogalan, Dongko, Karangan, Tugu, Watulimo dan Suruh. Menurut rencana akan berlangsung sampai tanggal 21 Februari 2024.” Jelas Iptu Susila

Iptu Susila menuturkan, pola pengamanan yang diterapkan tak jauh berbeda dengan pengamanan yang dilakukan sebelumnya yakni, pengawalan pergerakan kotak suara menuju lokasi, pengamanan tempat rekapitulasi serta pengawalan pengambalian kotak suara menuju gudang PPK masing-masing.

“Masing-masing PPK sedikitnya ada 3 sampai 5 personel dari Polsek dibantu dari Satgas Operasi Mantap Brata Semeru 2024 dari Polres Trenggalek. Kemudian dibantu juga dari TNI dan Linmas.” Imbuhnya.

Untuk diketahui, khusus tahapan rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara tingkat PPK ini, Polres Trenggalek mengerahkan sedikitnya 135 personel Polri. Disamping itu diterjunkan pula beberapa Satgas diantaranya Satgas Preemtif, yang terdiri dari anggota Satintelkam dan Satbinmas serta Satgas Preventif dari Satsamapta yang bertugas melaksanakan patroli dan pengamanan di kantor penyelenggara Pemilu, pengamanan objek kegiatan dan sterilisasi dan objek penting Pemilu lainnya.

Selain itu ada pula Satgas Kamseltibcarlantas yang dimotori oleh Satlantas yang bertugas dalam hal kelancaran lalu lintas dan pengawalan, Satgas penegakan hukum (Gakkum) oleh Satreskrim, Satgas Humas dan Satgas Banops yang terdiri dari logistik pengamanan, Propam, TIK dan Yankes.

“Untuk pengamanan gudang logistik dilakukan selama 1X24 jam.” Pungkasnya.