Gunung Soputan Minahasa Meletus, Abu Vulkanik Menyembur 4 Kilometer

Minahasa (Suarakawan.com) – Bencana alam tak henti-hentinya melanda wilayah Indonesia. Setelah gempa bumi dan tsunami, kini letusan gunung berapi. Gunung Soputan yang berada di Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara meletus, Rabu (3/10/2018) hari ini. Tinggi kolom abu vulkanik mencapai 4 km di atas puncak kawah.

“Kolom abu dengan tekanan kuat teramati berwarna kelabu hingga coklat dengan intensitas tebal condong ke arah barat dan barat laut,” beber Kepala Pusat Data dan Informasi BNPB, Sutopo Purwo Nugroho.

Hujan abu vulkanik dari erupsi Gunung Soputan pukul 08.47 WITA ini diperkirakan jatuh di daerah di barat laut. Erupsi ini disebut BNPB tidak menganggu jalur penerbangan.

“Bandara Internasional Sam Ratulangi di Kota Manado tetap beroperasi normal. Posisi bandara berada di Tenggara dari Gunung Soputan,” sambungnya.

Gunung Soputan saat ini berada pada Status Level III (siaga) dengan rekomendasi masyarakat tidak beraktivitas di seluruh area di dalam radius 4 km dari puncak gunung.

Masyarakat juga diminta tidak beraktivitas di dalam area perluasan sektoral ke arah Barat-Baratdaya sejauh 6,5 km dari puncak yang merupakan daerah bukaan kawah untuk menghindari potensi ancaman guguran lava maupun awan panas.

“Masyarakat diimbau untuk tetap tenang. Ikuti semua rekomendasi PVMBG. Pos pengamatan Gunung Soputan terus memantau aktivitas vulkanik,” ujar Sutopo.(dtc/ziz)