Gunung Soputan Meletus, Picu 10 Kali Gempa

222 views

Minahasa (Suarakawan.com) – Gunung api Soputan yang terletak di Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara meletus. Puncak Gunung Soputan tampak menyemburkan sinar api sejak semalam sekira pukul 20.49 WITA. Pos Pengamatan Gunung Api Soputan PVMBG melaporkan, secara visual gunung jelas hingga kabut 0-I. Asap kawah tidak teramati.

“Gunung jelas tampak samar, pada pukul 20.49 WITA teramati sinar api di puncak,” kata anggota Tim Pos Pengamatan Gunung Api Soputan, Fahrul Roji, Jumat (04/01/2019).

Menurut Fahrul, hingga tadi malam aktivitas kegempaan akibat guguran lava terjadi 10 kali.

“Amplitudo 1-9 mm, durasi 5-40 detik. Sedangkan hembusan terjadi 4 kali, amplitudo 22-34 mm, durasi 20-38 detik. Dari hasil kesimpulan tingkat aktivitas Gunung Soputan level III (Siaga),” kata Fahrul.

Dalam rekomendasinya, Pos Pengamatan Gunung Api Soputan meminta masyarakat agar tidak beraktivitas di dalam radius 4 km dari puncak Gunung Soputan.

Masyarakat juga diimbau tidak beraktivitas di dalam wilayah sektor arah barat-baratdaya sejauh 6,5 km yang merupakan daerah bukaan kawah guna menghindari ancaman leleran lava dan guguran awan panas.

Masyarakat juga diminta untuk mewaspadai terjadinya ancaman aliran lahar dingin, terutama pada sungai-sungai yang berhulu di sekitar lereng Gunung Soputan, seperti Sungai Ranowangko, Lawian, Popang dan Londola Kelewahu.

Kemudian, jika terjadi hujan abu, masyarakat dianjurkan menggunakan masker penutup hidung dan mulut, guna mengantisipasi terhadap gangguan saluran pernapasan.(kcm/ziz)

gunung meletus

Posting Terkait