Gunakan Metode TWG, Kapolres Trenggalek Paparkan Pola Pengamanan

28 views

Polres Trenggalek – Kepala Kepolisian Resort Trenggalek AKBP Jean Calvijn Simanjuntak, S.I.K., M.H memimpin langsung apel pengamanan aksi longmarch yang rencananya akan digelar hari ini di gedung DPRD Kabupaten Trenggalek. Senin (30/9)

Apel yang digelar di halaman Mapolres Trenggalek ini diikuti oleh pejabat utama, perwira pengendali serta ratusan personel yang terlibat pengamanan yang terdiri dari peleton Dalmas Awal, peleton Dalmas Inti, negosiator, Polwan Asmaul Husna, satuan fungsi serta Polsek jajaran.

Dihadapan peserta apel, AKBP Jean Calvijn memaparkan kembali terkait pola pengamanan dan penyebaran personel. Uniknya, pemaparan tersebut menggunakan metode Tactical Wall Game (TWG).

Dengan TWG, AKBP Jean Calvin dapat menjelaskan dengan gambalang ditik mana saja personel ditempatkan, pos strategis serta pergerakan personel saat melakukan pengamanan long march.

“Kita gunakan pendekatan preemtif dan humanis, sepanjang massa bisa deikendalikan dengan tertib” Ujar AKBP Jean Calvijn

Agar pergerakan lebih lancar, pihaknya meminta agar tim tirai yang bertugas melakukan pengawalan massa, dapat memilah prioritas mana yang perlu didahulukan sehingga pergeseran dari titik kumpul menuju gedung DPRD atau Pendopo Kabupaten tidak sampai mengganggu lalu lintas dan aktivitas masyarakat.

“Tegas tapi tidak arogan. Apabila ada pengguna jalan yang melintas, arahkan dengan sopan dan ramah.” Ucap AKBP Jean Calvijn seraya menunjuk rute yang tertera dalam peta TWG.

Pihaknya meminta agar setiap personel pengamanan benar-benar menjalankan tugasnya dengan baik dan tidak mudah terpancing dan underistimate. Semua dilaksanakan profesional sesuai dengan SOP dan aturan yang berlaku.

Polres Trenggalek

Posting Terkait