Gubernur Jatim Sambut Positif Konferensi Zhenghee Ke-5 di Surabaya

Gubernur berpose bersama dengan Bambang Sujanto dan rombongan

SURABAYA, suarakawan.com –  Pemerintah Provinsi Jatim akan menyambut positif pelaksanaan Zhenghee International Forum Ke-5 akan diselenggarakan di Kota Surabaya, Agustus 2019. Ini merupakan ajang bergengsi yang bertaraf internasional. Karena itulah, diharapkan semua element turut menyukseskan acara tersebut.

Hal itu dikatakan Gubernur Jatim, DR. Soekarwo ketikan menerima rombongan dari Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI) Jatim, Yayasan Haji Muhammad Cheng Hoo Indonesia (YHMCHI) yang dipimpin oleh H.M.Y. Bambang Sujanto yang didampingi Dr. H. Ahmad Muzakki (Dekan FISIP UIN Sunan Ampel Surabaya dan Sekretaris PW Nahdlatul Ulama Jawa Timur) di Grahadi, Kamis (20/9/2018). Rombongan tersebut melapor kepada gubernur terkait dengan pelaksanaan Zhenghee International Forum Ke-5 yang akan digelar di Surabaya.

Seperti diketahui pada pelaksanaan Zhenghee International Forum Ke-4 yang digelar di Campus International Islamic University di Islamabad, Pakistan 15-17 Agustus 2018, Surabaya dinilai layak untuk melaksanakan Zhenghee International Forum Ke-5. Prof. Haiyun Ms, President Zhenghee International Peace Foundation (ZIPF) sendiri meminta dan memutuskan bahwasanya Zhenghee International Forum Ke-5 akan diselenggarakan di Kota Surabaya, Agustus 2019. Dipilihnya Surabaya sebagai konfrensi muslim Tionghoa tingkat dunia ini tidak terlepas dari peran Muslim Tionghoa di kota ini di kancah forum
tersebut.

Lebih lanjut gubernur mengatakan, ini cara internasional yang perlu mendapat dukungan. “Saya sebagai gubernur sudah pasti akan mendukung acara tersebut. Acara tahunan dunia itu, tidak akan serta merta memilih Surabaya kalau tidak mempunyai dasar. Mari kita dukung bersama-sama susksesnya acara ini.

Karena suksesnya acara ini akan berdampak positif kepada provinsi ini. Saya juga minta segera bentuk panitia. Bekerjalah secera profesional, sehingga acara tersebut dapat sukses,” tambah gubernur.

H.M.Y. Bambang Sujanto mengatalan, kongres tahunan tersebut diselengrakan oleh ZIPF atau Yayasan Perdamaian Internasional Cheng Hoo didirikan oleh peneliti dari Amerika, Tiongkok, Malaysia dan Uni Emirat Arab, serta para ulama dunia. Tujuannya, memperdalam pemahaman dan mempererat komunikasi antara masyarakat dunia Tionghoa dan dunia muslim yang langgeng.

Pada Zhenghee International Forum Ke-4 yang digelar di Islamabad, Pakistan 15-17 Agustus 2018 secara resmi diputuskan Kota Surabaya mendapat kehormatan menjadi tuan rumah penyelenggaraan Zhenghee International Forum Ke-5. Seperti diketahui, delegasi cendikiawan, ulama Jawa Timur dan Yayasan Haji Muhammad Cheng Hoo Indonesia (YHMCHI) Surabaya, Senin (13/8/2018), berangkat menuju Islamabad, Pakistan. Mereka menghadiri undangan konferensi internasional Zheng He ke-4 yang digelar 15-17 Agustus 2018.

Delegasi yang dipimpin Prof. Dr. H. Syafiq Mughni, MA, Dewan Pelindung dan Penasihat YHMCHI Surabaya, menghadiri konferensi internasional yang diselenggara oleh Zhenghe International Peace Foundation (ZIPF) yang bekerjasama dengan Center of Excellence for CPEC (Pakistan), Departement of Media and Communication Studies at International Islamic University, Islamabad, Pakistan.

Delegasi Jatim yang diketuai Prof. Dr. H. Syafiq Mughni, MA, tersebut beranggotakan Dr. (H.C.) HMY Bambang Sujanto (Pendiri dan Penggas Masjid Cheng Hoo Surabaya dan Dewan Pembina YHMCHI), Drs. Kadapi Kadiso (Pendiri Masjid Chenghoo dan Pondok Pesantren Adz-Dzikra Muhammad Cheng Hoo Banyuwangi), Dr. H Saad Ibrahim, MA (Ketua PW Muhammadiyah Jawa Timur (Dewan Pelindung dan Penasihat Yayasan Haji Muhammad Cheng Hoo Indonesia), dr. H. Sukadiono MM (Wakil Ketua PW Muhammadiyah Jatim dan Rektor Universitas Muhammadiyah Surabaya), Dr. Hidayatulloh, M. Si. (Wakil Ketua PW Muhammadiyah Jatim dan Rektor Universitas Muhammadiyah Sidoarjo), Prof. Dr. H. Abd. A’la, M. Ag (Tokoh NU Jawa Timur dan Profesor UIN Sunan Ampel Surabaya), Prof. Dr. H. Ahmad Muzakki (Dekan FISIP UIN Sunan Ampel Surabaya dan Sekretaris PW Nahdlatul Ulama Jawa Timur), Prof. Dr. KH. Sonhaji Sholeh, MA. Did. Is. (Wakil Ketua PW Nahdlatul Ulama Jawa Timur), Dr. H. M. Hasan Ubaidillah, SHI, MSi (Wakil Sekretaris PW Nahdlatul Ulama Jawa Timur).

“Saya mengucapkan terima kasih kepada bapak Gubernur Soekarwo atas dukungannya. Semoga kongres ini berjalan dengan sukses seperti yang kita harapkan bersama. Saya juga berterima kasih, karena gubernur sudah menyatakan bersedia hadir pada HUT Masjid Cheng Hoo Ke-16 yang jatuh pada 13 Oktober 2018 mendatang,” kata Bambang. (gus)