SuaraKawan.com
Jatim Trenggalek

Gerakan Kibarkan 76 Ribu Bendera Merah Putih, Kapolres Trenggalek: Semangat Merdeka di Tengah Pandemi

Polres Trenggalek – Menyambut HUT ke-76 Republik Indonesia, jajaran TNI-Polri menggelar pembagian dan pemasangan bendera merah putih serentak di seluruh wilayah Kabupaten Trenggalek. Tak tanggung-tanggung, kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kapolres Trenggalek AKBP Dwiasi Wiyatputera, S.H., S.I.K., M.H. bersama Komandan Kodim 0806 Letkol Arh Uun Samson Sugiharto, S.I.P., M.I.Pol. Senin, (16/8).

Kegiatan diawali dengan apel bersama dan penyerahan secara simbolis bendera merah putih kepada perwakilan Bhabinkamtibmas oleh Kapolres Trenggalek oleh di halaman Mapolres. Bendera tersebut akan dibagikan kepada masyarakat luas di masing-masing desa binaan para Bhabinkamtibmas. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan berpatroli keliling wilayah.

“Iya benar, hari ini Polres Trenggalek bersama Kodim 0806 menggelar pembagian dan pengibaran bendera di sejumlah wilayah.” Ujar AKBP Dwiasi.

AKBP Dwiasi menuturkan, kegiatan ini merupakan bagian dari gerakan serentak berbagi 76.000 Bendera Merah Putih untuk Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh yang digagas oleh Polda Jatim dalam rangka memperingati HUT ke-76 RI. Polres Trenggalek sendiri membagikan sedikitnya ribuan bendera kepada masyarakat yang tersebar di berbagai kecamatan se Kabupaten Trenggalek.

Dengan mengendarai sepeda motor, dua pemimpin muda bidang pertahanan dan keamanan ini berkeliling ke sejumlah tempat dengan rute start dari Mapolres bergerak ke simpang tiga menuju Makodim 0806 dilanjutkan melintas di desa Sumber, Salamrejo, Sumberingin Kecamatan Karangan.

Selanjutnya masuk desa Jatiprahu dan Wonoanti Kecamatan Gandusari. Diteruskan menuju Sekolah Luar Biasa (SLB) Kecamatan Kampak. Di lokasi ini, Kapolres dan Dandim menyerahkan secara simbolis sejumlah bendera merah putih untuk dibagikan dan dipasang oleh para pelajar.

Tak sekadar berkeliling, Kapolres dan Dandim juga turut memasang dan mengibarkan bendera merah putih di halaman salah satu warga desa Sumberingin, Jatuprahu dan Wonoanti. Semangat nasionalisme sangat terasa saat bendera merah putih berkibar, seluruh personel dan masyarakat sekitar yang turut hadir mengangkat tangan hormat diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya yang dinyanyikan bersama-sama.

“Saat berkeliling, kalau ada rumah warga yang belum memasang bendera merah putih, kita bantu memasang dan mengibarkan. Demikian juga bagi bendera yang sudah lusuh atau pudar langsung kita ganti dengan yang baru” Ucap AKBP Dwiasi.

Pihaknya berharap, kegiatan ini mampu menggugah kembali semangat nasionalisme dan patriotisme di tengah pandemi Covid-19 yang masih berlangsung hingga saat ini. Pihaknya juga mengajak kepada semua lapisan masyarakat untuk menjadikan HUT ke-76 RI ini sebagai momen menyatukan persepsi dan kebersamaan, saling bahu membahu dan gotong royong melawan Covid-19 dengan selalu mematuhi protokol kesehatan serta mengikuti vaksinasi.

Related posts

Polres Probolinggo Kota Berhasil Mengamankan Sindikat Pencurian Hewan Ternak di 16 TKP

Redaksi Mojokerto

Upaya Pencegahan Wabah PMK, Polresta Mojokerto Sambangi Peternam Sapi

Redaksi Mojokerto

Biasanya Hanya Lihat di TV, Seperti Ini Keseruan Latihan Dalmas Polres Trenggalek

Wong Nggalek