Gempa-Tsunami Palu-Donggala Rusak 2.736 Sekolah

Tidak ada komentar 17 views

Sleman (Suarakawan.com) – Bencana gempa yang disusul tsunami di wilayah Palu dan Donggala menyapu bersih sedikitnya 2.736 bangunan sekolah. Data itu berdasat catatan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Ribuan sekolah rusak tersebar di Palu, Donggala, Sigi dan beberapa titik lainnya.

“Sekolah terdata 2.736 sekolah yang terdampak mulai dari kerusakan ringan sampai hancur total. Di Palu, Donggala, dan lebih banyak di Sigi,” kata Mendikbud, Muhadjir Effendy di sela menghadiri Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia 2018 di Sahid J-Walk Mall, Sleman, Rabu (3/10/2018).

Muhadjir menjelaskan, sesuai aturan seperti yang sudah diterapkan dalam penanganan gempa di Aceh dan Lombok, untuk perbaikan sekolah rusak merupakan kewenangan Kementerian PUPR. Sedangkan Kemendikbud akan menangani perbaikan sekolah yang rusak ringan.

“Pembangunan sekolah rusak karena bagian dari infrastruktur, akan ditangani Kementerian PUPR. Sedangkan rehabilitasi ringan akan dipegang Kemendikbud,” terangnya.

Muhadjir memperkirakan proses perbaikan sekolah di Sulteng butuh waktu sekitar satu tahun.

“Seperti di NTB, target kita setahun,” imbuhnya.(dtc/ziz)

Tag: