Gantikan Aris Budiman, Panca Putra Simanjuntak Jadi Direktur Penindakan KPK

Jakarta (Suarakawan.com) – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memiliki Direktur Penyidikan (Dirdik) yang baru, yakni Kombes Pol RZ Panca Putra Simanjuntak. Panca Putra didapuk sebagai Dirdik KPK yang baru menggantikan Brigjen Pol Aris Budiman. Panca Putra Simanjuntak sebelumnya menduduki jabatan sebagai Wakil Direktur Tindak Pidana Umum (Wadirtipidum) Bareskrim Polri.

“Ya betul (Kombes RZ Panca dimutasi sebagai Dirdik KPK),” kata Asisten Kapolri bidang SDM, Irjen Pol Eko Indra Heri, Rabu (19/9/2018).

Eko mengaku saat ini pihaknya sedang mempersiapkan surat telegram terkait mutasi jabatan itu. Eko belum menyebutkan siapa pengganti Kombes RZ Panca.

“(Pengganti Kombes RZ Panca sebagai Wadirtipidum) sedang dibahas. TR (telegram rahasia) mutasi sedang dipersiapkan,” ujar Eko.

Eko menuturkan pelantikan Kombes Panca sebagai Dirdik KPK akan dilaksanakan pada Kamis (20/9) besok. “Betul besok Kamis Pak Panca dilantik. Pengganti sudah ada, tinggal proses TR saja,” tutup Eko.

Sebelumnya, tiga anggota kepolisian dan seorang jaksa melewati tes wawancara dalam lanjutan seleksi calon Direktur Penyidikan (Dirdik) KPK. Selain empat orang itu, ada seorang lagi dari kalangan internal KPK yang mengikuti proses.

Tiga orang yang berasal dari Polri adalah Arief Adiharsa, Yudhiawan, dan RZ Panca Putra. Sedangkan yang berasal dari unsur kejaksaan adalah Yudi Kristiana, yang pernah pula menjadi jaksa di KPK. Sedangkan seorang dari lingkup internal tidak diungkapkan Febri. Mereka akan bersaing untuk menggantikan Aris Budiman.(dtc/ziz)

Tag: