SuaraKawan.com
Gresik

Fatwa MUI Terkait Ramadhan 1442 H, Kapolsek Manyar Mendukung Penuh

GRESIK – Ibadah puasa Ramadhan tahun tahun 2021 ini masih dirundung pandemi Covid-19. Hal itu menyebabkan setiap orang harus menerapkan protokol kesehatan guna menekan penularannya.

Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan Fatwa MUI Nomor 24 Tahun 2021 tentang Panduan Penyelenggaraan Ibadah Ramadhan 1442 H. Termaktub tuju poind panduan beribadah dibulan Ramadhan terkait protokol kesehatan yang dijalankan masyarakat Muslim.

1. Sholat pakai masker dan jaga jarak. Pelaksanaan ibadah selama bulan Ramadhan harus tetap menerapkan protokol kesehatan. MUI mengatakan, penerapan physical distancing (menjaga jarak) dengan cara merenggangkan saf Sholat diperbolehkan. Hal tersebut tidak menghilangkan keutamaan Sholat berjamaah karena disebut sebagai hajat syar’iyyah atau kebutuhan yang memenuhi ketentuan syariah.

Sholat memakai masker menutupi mulut dan hidung juga diperbolehkan, hukumnya sah.

2. Tes swab tak membatalkan puasa. Tes swab untuk mendeteksi Covid-19 baik lewat hidung maupun mulut saat berpuasa tidaklah membatalkan puasa.

3. Vaksinasi tak membatalkan puasa. Umat Islam yang telah terdaftar dijadwalkan disuntik vaksin, tetap disuntik vaksin Covid-19 dan puasanya tidak batal.

4. Wajib ikhtiyar. Dalam fatwanya MUI menyebut setiap muslim diwajibkan melakukan ikhtiyar atau berusaha menjaga kesehatan dan menjauhi hal-hal yang dapat mengundang penyakit.

5. Perbanyak beribadah. Walaupun masih dalam suasana pandemi Covid-19, umat Islam harus tetap mendekatkan diri pada Allah SWT.

6. Menambahkan wawasan Agama. MUI juga menganjurkan umat Islam mengisi waktu di bulan Ramadhan dengan menambah wawasan keagamaan dari narasumber atau ahli agama melalui kajian dan ceramah agama.

7. Wajib berpartisipasi memutus penularan Covid-19. Salah satu caranya adalah dengan tetap mengikuti vaksinasi saat berpuasa dan menerapkan protokol kesehatan

Menindaklanjuti tuju poind MUI tersebut, Kepolisian Sektor Manyar menurunkan Bhabinkamtibmas menggetok tularkan fatwa tersebut.

Kapolres Gresik AKBP Arief Fitrianto, SH, SIK, MM melalui Kapolsek Manyar Iptu Bima Sakti Pria Laksana, SIK, MH mengatakan mendukung penuh fatwa MUI tersebut.

“Meski sudah disampaikan MUI Kabupaten Gresik ke Takmir-Takmir Masjid, kami tetap turun lapangan mengimbau agar fatwa tersebut dilaksanakan disetiap Musholla maupun Masjid di wilayah Kecamatan Manyar.” ujar Bima Sakti.

Pihaknya mengajak masyarakat jangan terlena lalu teledor dan kendor menerapkan pola hidup sehat dan mematuhi protokol kesehatan. Karena Covid-19 ini masih ada disekitar kita.(jm)

The post Fatwa MUI Terkait Ramadhan 1442 H, Kapolsek Manyar Mendukung Penuh appeared first on Tribratanews Gresik.

Sumber : Polres Gresik

Related posts

Polres Gresik : Polsek Balongpanggang Tingkatkan Giat Patroli, Cegah gangguan Kamtibmas di bulan Ramadhan

redaksi

Polres Gresik – Perketat Pengawasan Prokes.Polres Gresik Secara Intensif Gelar Ops Yustisi

redaksi

Polda Jatim Dan Polres Jajaran Di Polda Jatim Musnahkan Ratusan Kilo Gram Narkoba Berbagai Jenis*

redaksi