Fasilitas Kesehatan Buka 24 Jam Selama Mudik 2018

Tidak ada komentar 88 views

JAKARTA (suarakawan.com) – Menteri Kesehatan (Menkes) Nila F Moeloek mengatakan pihaknya menyediakan sedikitnya 3910 fasilitas layanan kesehatan selama musim mudik Lebaran 2018. Seluruh fasilitas pelayanan kesehatan yang berada di sekitar jalur mudik buka selama 24 jam.

“Itu memang harus buka 24 jam, jadi di sini Anda harus mengetahui, kami juga tenaga kesehatan, saya berterima kasih, saya menghargai kepada tenaga kesehatan yang nanti harus jaga, mereka akan bergantian nanti. Mereka berada di pos, puskesmas, dan rumah sakit,” kata Nila.

Fasilitas kesehatan berjumlah 3.910 itu terdiri dari 375 rumah sakit, 2231 puskesmas, 923 pos kesehatan, 174 Posko Public Safety Center (PSC), dan 207 kantor kesehatan pelabuhan.

Nila menyatakan untuk 923 pos layanan kesehatan itu didirikan di pintu exit tol, jalur tol operasional dan fungsional, jalur non-tol, hingga tempat wisata.

Untuk membantu pelayanan kesehatan ini, Kemenkes juga menyiagakan ambulans roda empat dan dua.

“Pos-pos ini kami siapkan untuk, kalau ada yang sakit, ataupun ada kecelakaan,” tuturnya.

Nila melanjutkan layanan PSC bisa diakses dengan menekan 119. Layanan itu bisa digunakan para pemudik yang mengalami sakit dan kecelakaan selama perjalanan mudik.

Petugas dari Kemenkes, kata Nila, akan langsung merespons setiap ada panggilan di 119.

“Artinya 119 ini bilamana kita memerlukan informasi, atau ingin mengetahui atau butuh pertolongan, teken saja 119. Mereka mempunyai cabang atau jaringan sebanyak 174,” kata dia.

Nila tak lupa mengingatkan para pemudik, baik yang menggunakan angkutan umum maupun kendaraan pribadi untuk menjaga kesehatan selama perjalanan. Ia juga meminta supir bus waspada dalam membawa masyarakat pulang ke kampung halamannya masing-masing.

“Sekali lagi, kesehatan penting sekali karena kita tanggung jawab pada diri kita dan orang yang kita bawa,” tuturnya.

Dalam kesempatan ini, Nila turut melepas rombongan mudik gratis pegawai Kementerian Kesehatan. Pihaknya menyediakan 25 bus untuk mudik ke sejumlah kota di Pulau Jawa maupun Sumatra.

Mudik gratis ini diperuntukan bagi pegawai negeri sipil (PNS), tenaga honorer, hingga tenaga alidaya (outsourcing).

“Selamat mudik, semoga sehat di perjalanan, selamat sampai tujuan. Selamat berkumpul bersama keluarga,” tuturnya.

Nila mengatakan kementeriannya turut berpartisipasi menyediakan mudik gratis ini untuk menekan kemacetan dan angka kecelakaan lalu lintas saat perjalanan ke kampung halaman.

Tak lupa, ia pun mengingatkan kepada para jajarannya untuk masuk kerja kembali tepat waktu usai cuti lebaran berakhir. (cnn/rur)