DPD Demokrat Gelar Sekolah Partai Ke Anleg DPRD Terpilih Se Jatim

SURABAYA (Suarakawan.com) – Partai Demokrat Jatim menggelar pelatihan dan pendidikan untuk para Anggota (Anleg) DPRD terpilih dari seluruh Jawa Timur, baik untuk tingkat kabupaten maupun provinsi, Jumat (26/7). Dimana Acara ini dipimpin langsung oleh Ketua DPD Demokrat Jatim, Soekarwo.

Berlangsung di salah satu hotel di Surabaya, acara ini diikuti oleh sekitar 150 Anggota dewan terpilih Partai Demokrat. Termasuk, 14 Anggota DPRD Jatim untuk lima tahun kedepan.

Pakde Karwo sapaan Soekarwo mengatakan, acara ini merupakan bentuk kepatuhan terhadap regulasi yang dibuat oleh pemerintah. “Acara ini sebagai bentuk peran partai politik untuk kaderisasi di legislatif,” kata Pakde Karwo ketika ditemui di sela acara pelantikan di Surabaya, Jumat (26/7) malam.

Selama proses pelatihan, acara ini juga diisi oleh beberapa praktisi kedewawan dari Demokrat. Termasuk, melibatkan beberapa pengurus dari eksternal Partai Demokrat.

“Termasuk penguatan nilai budaya yang berdasarkan dengan ideologi. Jangan sampai, kebudayaan berhenti pada deskripsi. Namun, harus dijalankan di kehidupan sehari-hari,” katanya.

Pihaknya mencontohkan, satu di antara aspek kehidupan yang bisa menjadi fokus Partai Demokrat kedepan yakni kelompok pertanian dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Menurut Pakde Karwo, dua kelompok ini menjadi penopang Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Jatim saat ini.

“Sekitar lebih dari 57 persen PDRB berasal dari dua sektor ini. Ini bisa menjadi fokus meskipun juga harus mengoptimalkan aspek lain,” tegas mantan Gubernur Jawa Timur dua periode ini.

Menurut Pakde Karwo, Anggota DPRD Jatim harus bisa menyerap aspirasi dari konstituen. Program yang lahir dari keinginan masyarakat, khususnya para pemilih Demokrat, akan menjaga konsistensi suara.

“Anggota DPRD dari Demokrat harus terus membangun dialektika. Kalau proses dialektika itu terjaga, maka anggota dewan itu pasti akan disenangi,” kata Anggota Majelis Tinggi DPP Partai Demokrat ini.

Pihaknya juga berharap Fraksi Demokrat dapat menjaga kehormatan partai di dewan. “Sebab, wajah partai di dewan itu ya Fraksi,” katanya.

Bahkan untuk meningkatkan kinerja para anggota fraksi, pihaknya rencananya juga akan beberapa orang staf fraksi. “satu staf itu adalah staf dari ahli dan dua staf dari partai,” katanya.

Sebagai bentuk apresiasi, pihaknya akan memberikan penilaian pada proses pelatihan tersebut. “Nilai ini bukan berbentuk kuantifikasi. Lebih dari itu, nilai ini harus bisa menjadi pemacu sehinga memunculkan semangat menggebu di dadanya untuk lebih baik,” pungkas Pakde Karwo mantan Gubernur Jatim ini. (aca)

Related Post