SuaraKawan.com
Surabaya

DKPP Surabaya Bagikan Hasil Panen Bandeng Ke Warga MBR

Bangga Surabaya – Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya terus melakukan berbagai upaya dalam menangani Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). Salah satunya, membagikan hasil panen Ikan Bandeng ke warga MBR yang ada di enam kelurahan wilayah Kelurahan Wonorejo, Kecamatan Rungkut, Kota Surabaya, Sabtu pagi (12/2/2022).

Panen Ikan Bandeng ini merupakan hasil dari budidaya Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Surabaya. Di lahan milik Pemkot Surabaya seluas 1,5 hektar tersebut, DKPP berhasil memanen kurang lebih 350 kilogram Ikan Bandeng.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Dan Pertanian (DKPP) Kota Surabaya Antiek Sugiharti mengatakan, pembagian Ikan Bandeng ini dipusatkan di masing-masing kelurahan yang ada di wilayah Kecamatan Rungkut. Diantaranya, Kelurahan Penjaringansari, Rungkut Kidul, Kali Rungkut, Wonorejo, Kedungbaruk dan Medokanayu. 

“Masing-masing Kepala Keluarga (KK) MBR, mendapat 1 – 1,5 kilogram. Jadi, pembagian ini disesuaikan dengan lahan yang dimiliki pemkot. Kalau lahannya tambak Ikan Bandeng seperti ini, kita bagikan Ikan Bandeng, kalau lahannya digunakan budidaya Ikan Lele, maka dibagi Ikan Lele. Begitu seterusnya,” kata Antiek.

Antiek menjelaskan, pengelolaan tambak Ikan Bandeng ini juga melibatkan warga MBR. Sementara itu, DKPP bertugas membantu pendampingan, seperti memberikan bibit ikan, pakan ikan, pendampingan dan perawatannya. Setelah panen, maka hasilnya dapat dinikmati kembali oleh warga MBR yang tinggal tak jauh dari lahan tersebut.

“Ada yang lahannya dikelola langsung oleh MBR, ada yang dikelola bersama oleh pemkot juga warga MBR. Ada lahan yang digunakan untuk tanaman juga. Oleh karena itu, masyarakat MBR, stunting dan lanjut usia (lansia) yang ada di sekitar lahan pemkot, dapat merasakan manfaatnya,” jelas Antiek. 

Para petugas DKPP Surabaya tampak antusias menjaring Ikan Bandeng di Tambak Wonorejo. Dengan menggunakan seser, satu persatu ikan terjaring dan dimasukkan ke dalam kotak berwarna oranye. Setelah itu, ikan ditimbang ke dalam keranjang. 

Setelah semua ikan terkumpul, kemudian ditimbang lagi dan dibungkus menggunakan kantong plastik, lalu dimasukkan ke dalam kotak styrofoam. Lantas ikan-ikan ini dikirim ke enam kantor kelurahan yang ada di Wilayah Kecamatan Rungkut, menggunakan mobil.

“Setiap kelurahan dapat 60 – 70 Kilogram. Sehingga nantinya RT/RW memanggil satu persatu warga MBR di wilayahnya untuk mengambil Ikan Bandengnya. Ini yang pertama kali kita bagikan, karena Ikan Bandeng itu baru bisa dipanen setelah tujuh bulan,” ungkapnya. 

Dua warga MBR Kelurahan Wonorejo Rugkut tampak gembira usai menerima bingkisan Ikan Bandeng hasil dari panen Pemkot Surabaya, Sabtu (12/2/2022).
Dua warga MBR Kelurahan Wonorejo Rugkut tampak gembira usai menerima bingkisan Ikan Bandeng hasil dari panen Pemkot Surabaya, Sabtu (12/2/2022).

Sementara itu, di Kelurahan Wonorejo warga tampak antre mengambil hasil panen Ikan Bandeng yang akan dibagikan. Seperti yang dijelaskan oleh Kepala DKPP Surabaya, Antiek Sugiharti, setiap warga MBR mendapat jatah 1 – 1,5 kilogram.

Menurut Hidayah, warga Wonorejo Rungkut Gang 4 No. 5 RT 01/ RW 01 mengaku senang, setelah menerima hasil panen Ikan Bandeng dari Pemkot Surabaya. “Tadi dapat informasi dari Pak RT, disuruh datang ke kelurahan, bawa KTP. Alhamdulillah, dapat tiga ekor Bandeng, bisa dibuat masak di rumah,” ujar Hidayah. 

Selain Hidayah, juga ada ibu-ibu paruh baya Dias dan Bu Dadang, mereka berdua adalah warga Kelurahan Wonorejo. Keduanya mengaku senang, setelah menerima hasil panen Ikan Bandeng dari Pemkot Surabaya. 

“Terima kasih, nanti buat masak. Terima kasih juga buat Pak Eri (Wali Kota Eri Cahyadi). Alhamdulillah, Pak Eri orang yang baik, mudah – mudahan diangkat derajatnya dan rezekinya. Suami saya lagi sakit dan tidak kerja, saya sangat berterima kasih,” pungkas Dias. (*)

Sumber : Pemkot Surabaya

Related posts

Menjelang Penetapan Upah Minimum Tahun 2022, Polrestabes Surabaya Memprakarsai Ngopi Bareng Forkopimda Kota Surabaya

Redaksi Mojokerto

Biro SDM Polda Jatim Beri Dukungan Psikososial dan Pertolongan Pertama Psikologis pada Warga Terdampak Erupsi Gunung Semeru

Redaksi Mojokerto

Surabaya 11 April relatif Kondusif, Kapolrestabes Surabaya : 4000 Pasukan Kami Siagakan Antisipasi aksi

Redaksi Mojokerto