Diskusi Peran Sekolah Cegah Hoax dan Narkoba, Kapolres Trenggalek: Ini PR Kita Bersama

15 views

Polres Trenggalek – Tren media sosial masih menjadi permasalahan yang harus diperhatikan oleh seluruh komponen masyarakat. Era digital seperti saat ini, menisbihkan ruang, waktu dan jarak. Kecepatan informasi dan perkembangan teknologi yang demikian pesat selain memudahkan manusia juga membawa dampak negatif khusunya bagi para pelajar yang merupakan kategori generasi millenial.

Penegasan tersebut disampaikan Kapolres Trenggalek AKBP Jean Calvijn Simanjuntak saat mengikuti Focus Group Discussion (FGD) yang dimotori oleh Satbinmas di Rupatama Mapolres Trenggalek. Senin (14/10).

AKBP Jean Calvijn menuturkan, akhir-akhir ini pelanggaran IT di Trenggalek mengalami kecenderungan meningkat. Dalam satu tahun terakhir,Polres Trenggalek telah menangani beberapa kasus ITE yang berujung pada penindakan hukum.

“Terkadang adik-adik pelajar ini menerima informasi melalui HP tanpa disaring terlebih dahulu. Beberapa kasus yang pernah saya tangani berita hoax ini bisa berakibta konflik. Ini yang menjadi PR kita bersama” Jelas AKBP jean Calvijn.

Selain itu, Orang nomor satu dijajaran Polres Trenggalek ini juga memaparkan pengalamannya saat bertugas di Ditresnarkoba dimana dirinya pernah menangkap seorang pelajar yang positif menggunakan Narkoba.

“Tindakan saya yang pertama saya memanggil orang tuanya. Orang tua ini tidak percaya kalau anak ini menggukanan Narkoba. Kemudian saya panggil anak tersebut untuk menceritakan apa yang terjadi dan menyampaikan semuanya unek-uneknya.” Tutur AKBP Jean Calvijn.

Berbekal pengalamannya selama menjabat sebagai Kasubdit I Ditreskoba Polda Metro Jaya, pihaknya sangat concern dan menaruh perhatian serius terharap pengaruh dari penyalahgunaan Narkoba tersebut.

“Tidak menutup kemungkinanan Narkoba bisa masuk ke sekolah-sekolah. Saya mohon kepada bapak ibu guru dan tenaga pendidik sekolah untuk meningkatkan kewaspadaan dan memberi perhatian lebih kepada para siswanya. Tidak hanya sekadar Transfer Knowledge tetapi pendapingan terhadap siswanya.” Pungkasnya

Sebagai informasi. Polres Trenggalek berinisiasi mengadakan FGD tersebut sebagai salah satu upaya Polres Trenggalek untuk mendorong terbentuknya karakter pelajar dan generasi millenial yang cerdas dan berkepribadian.

Turut hadir dalam acara tersebut antara lain, Kasatbinmas AKP Suyono, S.H., M.Hum., Kepala Kantor Kemenag Trenggalek Drs. H. Mohammad Badrudin, M.Pd.I, Kasi SMA dan PKLK Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur wilayah Tulungagung-Trenggalek Riris Etikasari S.Pd. serta Kepala Sekolah se-Kabupaten Trenggalek.

Polres Trenggalek

Posting Terkait